Valentine: Komersialisasi Perayaan Cinta

Valentine identik dengan bunga, coklat, kartu, bahkan Cupid -- dewa cinta Romawi yang digambarkan sebagai anak kecil bersayap yang nakal dan montok. Bagaimana asal usulnya?


Kartu Valentine tertua dibuat oleh seorang bangsawan, Duke Charles of Orleans. Dipenjara di Tower of London atau Menara London setelah ditangkap Inggris pada 1415, Charles menulis sebuah surat cinta berima untuk istrinya, Bonne d’Armagnac -- yang kini disimpan di British Library, London.

Puisi itu terdiri dari 2 baris, dalam Bahasa Prancis. Malangnya, sang istri meninggal sebelum Charles kembali ke Prancis pada tahun 1440.

Namun, ahli Bahasa Inggris dari SUNY-Buffalo State, Ann C. Colley mengatakan, pemberian kartu Valentine baru populer di Inggris pada pertengahan Abad ke-19.

Ada dua pendukung saat itu: layanan pos pertama Inggris, Penny Post didirikan -- membuat mengirimkan surat makin murah dan tersedia bagi setiap orang.

Faktor kedua, untuk kali pertamanya, kartu Valentine diproduksi massal. Mesin pencetak kala itu mampu mengaplikasikan sejumlah metode pencetakan, seperti cetak timbul, desain renda, atau kartu 3 dimensi. Demikian ujar dosen sejarah Amerika dan budaya populer di George Mason University.

Meski budaya memberikan kartu Valentine berawal dari Inggris, pengaruhnya menyebar hingga Amerika Serikat pada tahun 1840-an.

Uniknya, di Inggris, kartu tak hanya diberikan pada orang yang ditaksir, tapi juga pada mereka yang tak disukai.

Cokelat Valentine

Cokelat telah lama dianggap sebagai afrodisiak, pembangkit gairah. Dimulai oada Abad ke-17, saat biji cokelat kali pertama dibawa ke Eropa dari Meksiko dan Amerika Tengah, bangsa Eropa mengaitkannya dengan kisah tentang Montezuma dan istri-istrinya.

Abad ke-19 adalah masa di mana permen dan kudapan manis lebih terjangkau untuk kelas menengah, seiring produksi massal cokelat.

Pada tahun 1868, Richard Cadbury mengeluarkan cokelat Hari Valentine pertama.  "Ada gagasan afrodisiak yang membuat cokelat sesuai untuk Hari Valentine," kata Alexandra Leaf, ahli kuliner sekaligus pendiri  Chocolate Tours of New York City.

Cupid

Pada Abad ke-5, Eros (inspirasi untuk kata 'erotis'), versi Yunani dari Cupid, digambarkan sebagai sosok pemuda tinggi, atletis, heroik, dan memiliki sayap. Demikian ujar Angeline Chiu, profesor dari University of Vermont kepada USA Today.

Lho, mengapa kini bentuknya mirip bayi?

Menurut Chiu, transformasi Cupid, dari pemuda gagah jadi bayi lucu berasal dari seni era Renaissance.

"Maestro Raphael dan para seniman lain melukis bayi kecil montok di mana-mana," kata Chiu. "Mereka tak bermaksud melukis Cupid. Mungkin untuk menggambarkan cinta secara umum," tambah dia.

Namun, imej Cupid sebagai bayi lucu bertahan hingga saat ini.

Mawar Merah

Pada abad ke-18, Charles II dari Swedia memperkenalkan ide bahwa bunga melambangkan emosi atau pesan tersirat. Demikian menurut ProFlowers.com.

"Saat ini, mawar merah berasosiasi dengan gairah cinta, mawar merah muda untuk persahabatan, putih untuk kemurnian, dan merah-putih adalah persatuan," kata Jennifer Sparks, juru bicara Society of American Florists.

Namun, ia menyarankan, pemberi bunga tak usah pusing memikirkan soal makna. Fokuslah pada bunga yang disukai oleh penerima.

Bentuk Vagina yang Normal dan Sehat

Bila Anda wanita, mungkin Anda pernah bertanya-tanya sebenarnya seperti apa bentuk vagina yang normal. Namun mungkin Anda malu untuk bertanya atau bingung mau bertanya kemana. Bahkan tidak jarang pula ada wanita yang tidak tahu bentuk vaginanya sendiri.


Seperti manusia, vagina juga bersifat individualistis. Tidak ada dua vagina yang sama persis. Jangan membandingkan diri Anda dengan orang lain, karena yang tampak seperti vagina normal bagi seseorang, belum tentu untuk Anda. Anda adalah individu yang unik. Ya, bahkan vagina Anda.

Kemungkinan terbesarnya, vagina Anda baik-baik saja. Tapi, sekadar untuk membantu memberikan Anda ketenangan batin, inilah panduan untuk beragam ukuran dan bentuk vagina (serta beberapa tanda yang patut diwaspadai jika benar ada sesuatu yang salah pada vagina Anda).

Pentingnya pemeriksaan vagina mandiri

Pemeriksaan vagina mandiri adalah cara bagi seorang wanita untuk melihat vagina dan vulvanya. Pemeriksaan mandiri ini dapat membantu Anda lebih memahami tubuh Anda, dan setiap masalah yang mungkin memerlukan perhatian medis.

Waktu terbaik untuk melaksanakan pemeriksaan vagina mandiri adalah tepat di tengah-tengah dua siklus menstruasi Anda. Yang perlu diperhatikan, pemeriksaan vagina mandiri bukan berarti Anda tidak perlu menjalani pemeriksaan panggul rutin oleh ginekolog Anda.

Untuk melakukan pemeriksaan vagina mandiri, Anda memerlukan:

- Sebuah senter kecil atau pencahayaan yang baik di dalam ruangan
- Sebuah cermin genggam dengan pegangan panjang
- Spekulum (atau, Anda juga bisa gunakan tangan Anda)
- Jangan mengoleskan krim vagina atau douche (semprotan pembersih vagina) sebelum melakukan pemeriksaan
- Cuci tangan, dan tanggalkan celana. Duduk di kursi, tempat tidur, lantai, atau sofa dan sangga punggung Anda dengan bantal. Tekuk lutut Anda hingga kedua telapak kaki berada di samping bokong. Bersender sedikit ke belakang, dan lebarkan kedua lutut Anda sehingga daerah genital Anda dapat terlihat.
- Genggam atau topang cermin di depan area genital Anda, dan sesuaikan arah sinar senter sehingga Anda dapat melihat ke dalam.

Seperti apa ciri dan bentuk vagina normal yang sehat?




1. Vulva

Vulva adalah organ genitalia di bagian luar vagina yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Vulva termasuk mons pubis (punuk kemaluan), labia majora (bibir luar), labia minora (bibir dalam), klitoris, dan bukaan eksternal dari uretra dan vagina.

Kita sering tertukar antara vulva dan vagina. Vagina, alias jalur lahir sepanjang 8 centimeter, berada di dalam tubuh. Hanya bukaan vagina (introitus) saja yang dapat Anda lihat dari luar.

Dinding vagina normal berwana kemerahan (bisa merah muda cerah atau kecokelatan) dan memiliki lipatan atau kerutan. Vulva dapat memiliki keriput, dan ini merupakan hal yang normal. Sebenarnya, keriput pada vulva menandakan elastisitas, jadi jangan merasa hal ini membuat Anda merasa tua atau tidak normal.

Yang tidak normal: jika vulva terasa nyeri atau ada benjolan aneh seperti kutil vagina — disebabkan oleh virus yang ditularkan melalui hubungan seksual.

2. Labia

Labia adalah bagian yang paling mudah terlihat dari vulva Anda — kelopak penutup yang terbelah menjadi dua bagian di mons pubis. Kelopak ini disebut dengan labia majora, atau sering juga disebut sebagai “bibir vagina”. Jika Anda membuka labia majora Anda, akan terlihat kelopak yang lebih kecil di dalamnya, di kedua sisi bukaan vagina Anda.

Banyak orang yang percaya bahwa bibir dari kedua labia seharusnya memiliki panjang tertentu, tetapi ini tidak benar. Pada lebih dari setengah wanita, bibir labia minora bisa lebih panjang dan menonjol keluar dari labia majora. Kadang, kedua pasang labia bisa panjang, tebal, atau bahkan tipis.

Terkadang, warna kulit labia dapat menyerupai warna kulit tubuh, lebih gelap, atau lebih terang. Beberapa labia bisa memiliki satu sisi yang lebih panjang dari sisi lainnya. Semua ini adalah berbagai variasi vagina normal.

Yang tidak normal: kulit labia yang berubah warna dan memiliki bercak putih dapat menjadi tanda penyakit lichen sclerosus, yang umum ditemukan pada wanita usia menopause. Rasa gatal, panas, dan/atau perdarahan dari kulit vulva juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan — dari kondisi kulit hingga penyakit kelamin.

3. Klitoris

Tepat di bagian atas, di mana ujung labia minora bertemu, adalah klitoris. Lembaran kulit tempat mereka bertemu, yang menutupi sebagian klitoris eksternal, disebut sebagai tudung klitoris. Menurut anggapan orang awam, klitoris adalah sebuah tombol lunak berwarna merah muda, seperti penghapus di ujung pensil. Namun kenyataannya, sebagian besar klitoris (tiga perempatnya) sebenarnya berada di dalam tubuh Anda.

Pada umumnya, klitoris yang tampak dari luar memiliki ukuran 0,5 cm hingga 1,3 cm. Namun, jika klitoris Anda berukuran lebih besar dari ‘standar’ tersebut, jangan khawatir. Vagina Anda masih tergolong normal, apalagi ukuran klitoris masih bisa membesar saat jaringan ereksinya mendapat rangsangan.

Bagian terluar klitoris juga bisa berukuran lebih kecil, bahkan tersembunyi. Selain itu, klitoris pada beberapa wanita juga dapat memiliki lipatan kulit yang mengendur di atas area klitoris. Memiliki klitoris tersembunyi tidak berarti Anda tidak memilikinya sama sekali, atau tidak dapat menimbulkan rangsangan. Semua hal ini adalah normal.

Yang tidak normal: jika area klitoris terasa nyeri atau perih, yang dapat terkait dengan overstimulasi saat seks atau masturbasi, atau karena penumpukan smegma (kerak berwarna putih dari endapan urin, minyak, dan sel kulit mati — tidak menyebar dan berbahaya, juga bukan penyebab kanker genitalia) di balik tudung klitoris Anda. Smegma dapat Anda bersihkan cukup dengan air.

Selain itu, perhatikan juga apakah ada sensasi gatal, yang dapat menandakan infeksi ragi.

4. Cairan vagina

Meskipun banyak dari kita yang menganggap keputihan sebagai hal yang tidak normal, sebenarnya cairan vagina adalah bagian alami dari mekanisme pembersihan otomatis yang dilakukan oleh vagina yang sehat.

Keputihan yang wajar memiliki karakteristik warna terang atau transparan dan bertekstur cair, kental dan lengket berwarna putih susu, atau tekstur seperti pasta. Selain itu, cairan vagina yang sehat tidak berbau busuk, tidak mengandung darah dan/atau berdarah, dan tidak terlihat seperti dadih. Cairan vagina yang normal juga tidak disertai rasa gatal.

Yang tidak normal: Keputihan yang harus Anda waspadai adalah cairan yang menggumpal berwarna abu-abu, kuning, atau kehijauan, yang diikuti oleh bau busuk menyengat dan dapat disertai rasa gatal. Kondisi ini dapat menandakan infeksi menular seksual, seperti trichomoniasis atau bacterial vaginosis. Keputihan yang tampak seperti dadih dapat berarti infeksi jamur vagina.

5. Vagina

Yang disebut sebagai vagina sebenarnya adalah sebuah bukaan kecil di bawah uretra dan klitoris Anda. Meskipun hanya sangat sedikit vagina yang dapat terlihat, jika Anda memasukkan jari ke dalamnya, Anda akan merasakan segala macam lekukan, seperti “bukit”, dan “lembah”. Benjolan ini disebut vaginal rugae, dan merupakan hal yang normal — yang membantu vagina memperluas diri saat seks.

Yang membedakan vaginal rugae dengan benjolan yang menunjukkan vagina yang tidak sehat memerlukan perhatian medis, adalah rasa nyeri, tekstur kasar, benjolan tinggi, yang menandakan benjolan tersebut adalah kutil genital.

Di bagian belakang vagina Anda adalah leher rahim, yang terlihat seperti donat kecil dengan lubang yang sangat kecil tepat di tengah, disebut ostium. Anda mungkin melihat adanya polip (daging bertumbuh) yang menggantung dan menonjol melalui ostium. Polip ini mudah berdarah, namun tidak perlu diangkat kecuali jika mengganggu Anda.

Leher rahim mungkin memiliki benjolan berisi cairan yang terlihat seperti bintil. Bintil ini tidak berbahaya, disebut dengan kista Nabothian. Kista Nabothian disebabkan oleh kelenjar produsen lendir dari rahim. Kista ini dapat datang dan pergi, ada pula yang bertahan lama. Kista ini tidak memerlukan perawatan.

Perhatikan pula dinding vagina Anda. Pada vagina yang sehat, kondisi dinding dapat bervariasi — kering hingga sangat basah. Vagina cenderung kering sebelum perempuan mencapai pubertas, selama menyusui, dan setelah menopause, serta menjelang dan sesaat sesudah menstruasi. Ekosistem dinding vagina akan menjadi lebih basah saat ovulasi, selama kehamilan, dan selama rangsangan seksual.

Yang tidak normal: Rasa sakit pada vagina bukanlah hal yang normal, bahkan setelah hubungan seksual. Jika seks yang teratur membuat Anda merasa nyeri atau sakit, atau jika Anda mengalami nyeri pada vagina yang tidak terkait dengan kegiatan apapun, bicarakan dengan dokter.

Nita Thalia Mengaku Enjoy Jadi Istri Kedua

Nama pedangdut Nita Thalia mendadak mendominasi mesin pencarian, Sabtu (2/2/2019).


Lama tak muncul di layar kaca, Nita Thalia menghebohkan publik dengan penampilan wajah barunya. Nita Thalia mengakui jika telah melakukan perombakan di sebagian kecil wajahnya, seperti pipi, hidung, hingga dagu.

Penampilan baru Nita Thalia dengan wajah barunya ini pun terlihat lebih segar. Ia pun tidak menampik telah melakukan perombakan di beberapa bagian wajahnya mealui operasi plastik.

Tak main-main, biaya yang dikeluarkan Nita Thalia untuk mengoperasi wajahnya pun mencapai Rp 1 Miliar.


Terlepas dari kabar operasi plastik yang dilakukannya, Nita Thalia juga mengaku telah menjadi istri kedua selama kurang lebih 19 tahun.

Pada tahun 2000 silam, Nita dipersunting seorang pria bernama Nurdin Radita. Pernikahan tersebut sempat menghebohkan publik lantaran diketahui Nurdin sudah memiliki seorang istri.

Setelah bertahun-tahun bungkam, Nita akhirnay mengakui dan angkat bicara terkait status pernikahannya. Ia mengaku enjoy menjadi istri kedua, bahkan sangat mengagumi sosok istri pertama sang suami.

"Benar, jadi istri kedua tetap enjoy. Enjoy aja, alhamdulillah. Kalau nggak enjoy nggak mungkin akan sampai sekarang sudah 19 tahun," tutur Nita, dikutip TribunStyle.com dari tayangan Netijen, Sabtu (1/1/2019).

Nita pun menceritakan jika keputusan untuk menutupi kehidupan rumah tangganya merupakan kesepakatan bersama antara dirinya, sang suami, serta istri kedua.

"Kita udah komitmen bertiga untuk tidak mengungkap ini ke media sebetulnya. Dari awal kita memang sudah punya perjanjian gitu. Nggak usah orang lain tahu soal ini," tambahnya.

Nita pun menampik anggapan bahwa ia menutupi status istri keduanya. Namun, Nita hanya berusaha untuk menghormati keinginan istri pertama suaminya. Bukan berarti menyembunyikan gitu ya, cuma saya harus menghormati beliau untuk tidak memblow-up ini ke media.

Meski berstatus sebagai istri kedua, hubungan Nita dengan istri pertama suaminya terjalin baik. Ia blak-blakan mengaku sangat mengagumi sosok istri pertama suaminya. Nita merasa bangga dan hormat pada istri pertama Nurdin.

Pasalnya, istri pertama Nurdin sangat baik dan bisa menerima ia apa adanya.

"Tapi sekarang kan sudah terlanjur karena saya membuka ini pun sudah dari tahun 2003 ya. Yang jelas dari saat itu sampai sekarang pun 17 tahun lamanya, yang saya tahu sosok istri tua itu patut dibanggakan oleh saya. Kenapa? Karena saya belajar sabar itu dari beliau (istri tua)," ucapnya pada 2018 silam.

Nita pun mengaku bahwa dirinya begitu kagum pada sosok istri pertama karena kebaikan hatinya yang luar biasa. Karena kebaikan hati istri pertama Nurdin, Nita pun menyampaikan penyesalannya karena telah menjadi istri kedua.


Pedangdut kondang ini pun juga merasa sangat bersalah pada istri pertama karena telah merebut suaminya dan harus membagi kasih dengannya.

"Dan saya sekarang ini merasa 'gue punya dosa besar gitu, gue pernah kayak seakan mencuri apa yang dia miliki gitu'. Mencuri kasih sayang suaminya, mencuri cinta dan perhatian suaminya sehingga suaminya berpaling ke saya gitu kan," sesalnya.

Meski begitu semuanya telah terjadi, bak nasi sudah menjadi bubur, tak akan bisa dikembalikan lagi.

Jadi, kini Nita pun mengaku telah menerima keadaan dan mencoba untuk terus hidup bahagia berdampingan bersama suami, istri pertama dan anak-anaknya. (TribunStyle.com)

Intan Hardja Senang Bercinta Jika Orgasme Berkali-kali

Presenter Intan Hardja blak-blakan menceritakan pengalaman seksnya dengan mantan suami dan beberapa pria yang pernah singgah di hatinya.


Intan mengaku pernah melakukan hubungan badan dengan mantan suami di balkon hotel, pantai hingga gua. Bahkan, dia pernah melakukan hubungan suami istri dengan pria brondong di dalam mobil.

Hal itu diungkapan Intan saat saat diwawancarai Rey Utami dalam program Mulut Sampah beberapa waktu lalu.

“Balkon hotel, gua pernah di pantai, di goa, pernah semua,” ucap Intan saat menjawab pertanyaan Rey Utami yang menanyakan lokasi mana saja yang dijadikan tempat melakukan hubungan suami istri.

Soal gaya berhubungan badan, Intan menyatakan tidak perlu ditanyakan. Dia bisa melakukan gaya apa saja.

“Oh my God. Kalau sama gue, jangan ada batasan deh, gua paling gak suka. Jangan tanya gaya apa, segala macam gaya yang lu bisa, keluarin,” kata Intan.

Dari sekian banyak pria yang pernah singgah di hatinya, Intan mengaku terkesan dengan seorang pria brondong.

Brondong yang tak disebutkan namanya itu pernah berhubungan intim dengan Intan di dalam mobil. Itulah pengalaman seks Intan yang paling berkesan dalam hidupnya.

“Servisnya luar biasa. Gue diservis dari ujung rambut sampai ujung kaki di dalam mobil yang tempatnya sempit banget,” tambah Intan.

Dikatan Intan, brondong itu memiliki kemampuan seks yang sempurna. Dia sangat mahir memuaskan wanita.

“Dia tuh gak cuman menggunakan senjata utamanya dia gitu ya untuk memuaskan perempuan. Tapi semuanya dia pake. Tangannya dia pake, mulutnya dia pake, ah semuanya,” imbuh Intan.

“Dan dia itu tipikalnya gak bakal stop sampai kita orgasme berkali-kali. Dia the best dan tergila,” pungkas Intan Hardja seraya tertawa. (*)

Ini Dia Artis Cantik Tiara Permatasari

Untuk pecinta televisi, sosok Tiara Permatasari sudah tidak asing lagi. Dia telah membintangi beragam judul sinetron dan Film Televisi (FTV) di layar kaca.

Tiara Permatasari dikenal melalui aktingnya di sinetron Sinetron Cinta di Langit Taj Mahal.






Tiara Permatasari artis cantik berusia 21 tahun. Berasal dari Indramayu. Membintangi banyak judul sinetron dan FTV. Aktif juga di dunia iklan. Berwajah polos. Sering berpose cantik di media sosial. Kini mengunci instagramnya. Bikin penasaran netizen.

Sinetron yang dibintangi Tiara Permatasari, yakni Cinta di Langit Taj Mahal season 1, Cinta di Langit Taj Mahal season 2, High School Love Story, Rahasia Cinta, 26 Super Series: Love is Music dan Magic Cinta.

Sementara FTV yang dibintangi Tiara Permatasari, yakni Kujahit Cintamu, Batu Menangis, Cinderella Rasa Stroberi Coklat, Baroar, Anak Pembantu Jadi Sarjana, juga Kasih Sayang Yang Dipertanyakan. (*)

Ini Dia Artis Cantik Riri Febrianti

Riri Febrianty atau Riri Febrian dikenal sebagai bintang sinetron Anak Jalanan SCTV. Dalam sinetron itu, dia berperan sebagai Mita yang dikisahkan sebagai siswa SMA dengan perangai yang kurang baik.


Riri Febrian artis cantik berusia 22 tahun. Gadis kelahiran Purwakarta 8 Februari 1996, yang memiliki darah Pakistan.




Tak mengherankan jika Riri Febrianti terlihat seperti berdarah blasteran dengan mata besar dan hidung yang mancung.

Bro! Ini Cara Hilangkan Kebiasaan Onani!

Onani adalah aktivitas merangsang alat vital, yang dilakukan oleh pria untuk mendapatkan kepuasan secara seksual pada dirinya sendiri. Aktivitas ini kerap dilakukan pria, saat sedang terangsang atau saat melihat video pornografi.


#2019BerhentiOnani 

Kebiasaan ini terkadang membuat frustasi, sehingga mereka mencari cara berhenti onani. Dilansir dari doktersehat, onani sebenarnya tidak memberikan efek buruk pada pria, bila dilakukan dengan frekuensi rendah atau tidak sering.

Namun, jika dilakukan dengan frekuensi tinggi dan disertai dengan terus melihat video pornografi, aktivitas ini akan jadi berbahaya dan menyebabkan gangguan seksual pada pria secara perlahan-lahan.

Dampak Terlalu Sering Onani

Setelah onani, pria akan merasakan lelah karena tubuh mengejang selama beberapa saat setelah orgasme. Selain itu, onani juga menyebabkan pria jadi lemas dan mengantuk. Karena efek ini beberapa pria yang alami insomnia, kerap melakukan onani agar mendapatkan kantuk dan tubuh jadi lebih relaks.

Onani yang dilakukan secara berlebihan tentu membuat pria jadi lemas dan malas melakukan apa saja. Saat bekerja, pria jadi malas dan akhirnya performanya jadi menurun. Hal ini diperparah lagi bila onani dilakukan dengan bantuan video pornografi dan menimbulkan ketagihan. Jika kebiasaan ini membuat Anda kecanduan yang pada akhirnya membuat hidup Anda terganggu secara psikologis, berikut ini cara berhenti onani yang bisa Anda coba.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Onani yang Efektif

Bagaimana cara berhenti onani jika membuat Anda membenci diri sendiri ketika melakukannya? Mungkin ini sering ditanyakan oleh mereka yang kecanduan onani. Bagi sebagian orang, keinginan untuk masturbasi adalah hal yang wajar dan sebagai remaja, itu menandakan minat akan seks sebelum memulai hubungan seksual orang dewasa. Tetapi ketika itu menjadi obsesi, atau alasan Anda membenci diri sendiri, maka sudah saatnya untuk mengurangi egois Anda.

Ikuti 8 cara menghilangkan kebiasaan onani berikut ini:

1. Berhenti menghukum diri sendiri

Ingat, diri Anda manusia. Manusia pasti pernah melakukan kesalahan, dan mereka memiliki dorongan seksual. Tak satu pun dari hal-hal ini membuat diri Anda menjadi orang jahat. Cara berhenti onani dengan menahan dorongan untuk tenggelam dalam keputusasaan dengan mengingat saat-saat yang dihabiskan untuk mengasihani diri sendiri ketika itu bisa dihabiskan untuk mencari cara menghilangkan kebiasaan onani.

2. Singkirkan segala sesuatu yang menggoda keinginan untuk onani

Seperti akses ke konten-konten pornografi, dan konten yang memicu lainnya. Juga, jika merasakan ingin melakukan onani pada waktu-waktu tertentu dalam sehari. Lakukanlah cara berhenti onani dengan membuat diri Anda tetap sibuk pada hal-hal lain pada waktu tersebut. Anda dapat mencoba berolahraga karena ini akan memberi kebebasan dan membuat Anda terlalu lelah untuk melakukan banyak hal lain.

Jika sering onani karena merasa kesepian, cari cara menghilangkan kebiasaan onani untuk membatasi kesendirian. Misalnya, alih-alih menonton pertandingan di rumah sendirian, tontonlah di kafe. Bahkan jika tidak bergaul dengan teman-teman, Anda tidak akan sendirian, pada akhirnya tidak punya waktu untuk onani.

3. Temukan kesibukan lain

Temukan kesibukan lain untuk waktu dan energi Anda. Isi dengan kegiatan yang menarik. Kegembiraan melakukan sesuatu yang berbeda dapat membantu menggantikan keinginan untuk melakukan onani, dan akan memiliki gangguan berikutnya yang tergoda untuk onani.

Cobalah beberapa pilihan cara menghilangkan kebiasaan onani berikut ini:

Berliburlah. Proses mengubah dorongan seksual menjadi hasil kreatif (disebut sublimasi) Mulailah menulis, belajar memainkan alat musik, melukis, menggambar, atau melakukan apa pun yang membuat Anda merasa sedang melakukan sesuatu yang produktif.

Berolahraga. Dibutuhkan kedisiplinan dan ketekunan untuk unggul dalam olahraga. Kembangkan minat seperti berlari atau berenang, atau olahraga kelompok seperti sepak bola, futsal, bola basket, atau tenis.

Makan yang sehat. Cara menghilangkan kebiasaan onani dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan juga dapat membantu. Buah dan sayuran memiliki efek sehat pada tubuh dan memberikan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan energi Anda agar lebih aktif sepanjang hari.

Temukan hobi baru atau kembangkan keterampilan. Mempelajari sesuatu yang membutuhkan waktu untuk dikuasai dapat memfokuskan kembali otak Anda pada keterlambatan pencapaian tujuan alih-alih kepuasan melakukan onani. Cobalah keterampilan seperti memasak, bengkel kayu, bengkel seeda motor, memanah, berbicara di depan umum, berkebun, dan kegiatan lainnya yang Anda sukai.

4. Bersabarlah

Berhenti onani tidak akan membuat Anda seolah-olah seperti terkena sambaran petir. Ini adalah proses yang membutuhkan komitmen, dan Anda mungkin membuat kesalahan atau kambuh pada kesempatan. Perjuangan yang sesungguhnya adalah bertahan, jadi berkomitmenlah sekarang sehingga tidak akan membiarkan kesalahan kecil menghalangi jalan untuk berhenti onani.

Anda dapat mencoba mengatur sistem hadiah. Suap diri Anda untuk tetap berada di jalur dengan imbalan untuk perilaku yang baik. Sebagai contoh, jika bisa menghabiskan dua minggu penuh tanpa onani sekali, manjakan diri Anda dengan melakukan hal lain yang Anda sukai.

5. Mencari bantuan

Jika sudah mencoba segalanya cara berhenti onani dan sepertinya tidak bisa mengendalikan kecanduan onani, mungkin sudah waktunya untuk memberi tahu orang lain tentang masalah tersebut dan meminta bantuan. Jangan merasa malu, dan ingat bahwa banyak orang memiliki masalah yang sama seperti kecanduan. Mencari bantuan adalah tindakan yang berani, dan kebanyakan orang yang ditanya akan melihatnya seperti itu. Mintalah petunjuk dari guru agama.

Jika Anda muslim, pertimbangkan untuk meminta bantuan pada ustaz setempat. Ingatlah tiga cara menghilangkan kebiasaan onani berikut:

Orang-orang menjadi bagian dari ustaz karena mereka berdedikasi untuk membantu sesama kaum muslim mereka. Mereka mungkin sudah membantu seseorang dengan kecanduan onani sebelumnya.
Mereka terikat oleh kerahasiaan yang ketat. Mintalah janji pribadi dengan ustaz dan imam masjid, dan lihat apakah nasihatnya dapat membantu Anda.

6. Bicaralah pada pikiran Anda

Cara berhenti onani Anda harus memiliki kekuatan kemauan. Kebiasaan ini biasanya lahir dari pikiran. Ketika berbicara dengan pikiran Anda tentang berhenti onani, menjadi mudah untuk menghentikan kebiasaan itu.

7. Tidur lebih awal

Cara menghilangkan kebiasaan onani ini dilakukan bila sudah terlampau berlebihan. Menurut penelitian, mereka yang tidur larut malam memiliki kecenderungan untuk menonton film porno atau membaca majalah dewasa dan akibatnya dilampiaskan.

8. Buanglah mainan seks Anda

Jika Anda serius ingin berhenti melakukan onani berlebihan, cara menghilangkan kebiasaan onani yang efektif adalah membuang mainan seks yang membangkitkan gairah seks, jika memang Anda memilikinya. Mungkin sulit untuk membuang mainan tersebut, tetapi itu akan baik untuk kesehatan Anda.

Nah, itulah cara berhenti onani yang bisa Anda lakukan jika Anda belum atau sudah kecanduan onani, Teman Sehat!

Tujuh Bencana Alam Besar yang Menimpa Indonesia di 2018

*Nomor 4 Paling Jadi Sorotan

Sepanjang tahun 2018, Indonesia tercatat harus merasakan setidaknya tujuh bencana alam besar menimpa Indonesia. Gempa bumi, tsunami, letusan gunung api, hingga fenomena likuifaksi, telah menelan banyak korban, dan menyebabkan duka bagi masyarakat Indonesia.


Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, hingga 14 Desember 2018 atau sepekan sebelum bencana tsunami di Selat Sunda menerjang, telah terjadi 2.426 kejadian bencana di Indonesia.

Bencana ini menyebabkan 4.231 orang meninggal dunia dan hilang, 6.948 orang luka-luka, 9.9 juta orang mengungsi dan 374.023 umit rumah rusak.

1. Gempa bumi 6,1 SR di Lebak, Banten

Di awal tahun 2018 tepatnya tanggal 28 Januari Indonesia khusus nya kawasan Benten dan Sekitarnya dikejutkan dengan gempa bumi dengan kekuatan sebesar 6.1 SR yang terjadi di barat daya Kabupaten Lebak, Banten.

Gempa yang terjadi pada Selasa 23 Januari 2018 itu menyebabkan kerusakan yang cukup besar.Serta Badan Nasional Penanggulanga Bencana (BNBP) menyatakan setidaknya 2.760 rumah rusak akibat gempa tersebut.

2. Longsor di Brebes, Jawa Tengah

Dibulan berikutnya yakni Febuari para petani di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa tengah, dikejutkan longsoran tanah dari bukit di tepi sawah tempat mereka bekerja tepatnya tanggal 22 Februari lalu.Saat itu gelombang tanah tampak bergulung ambruk menuruni lereng bukit dan menerjang sawah di bawahnya.

Akibat kejadian itu tercatat sebelas orang dinyatakan tewas tertimbun logsor, tujuh lainnya hilang, dan 14 orang luka-luka.

Sementara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), memprediski longsor yang terjadi tersebut, disebabkan oleh beban air tanah yang bertambah akibat hujan deras yang melanda kawasan tersebut.

3. Gempa bumi di Lombok, NTB

Pertengahan tahun 2018 Indonedia kembali dirundung duka, gempa bumi dahsyat melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pada 29 Juli 2018, gempa berkekuatan 6,4 Magnitudo melanda pulau seribu masjid itu.

Dahsyat nya gempa bahkan dapat dirasakan warga yang tinggal di seantero Pulau Lombok, Bali, hingga Pulau Sumbawa.

Nahas, belum selesai pemerintah menanggulangi dampak gempa tersebut, gempa lebih besar yakni 7 Magnitodu mengguncang Lombok sepekan kemudian, tepatnya pada 5 Agustus 2018.

Pusat gempa berada di 18 km barat laut Lombok Timur, NTB dengan kedalaman 32 km. Guncangan dirasakan di seluruh Pulau Lombok, Pulau Bali, Pulau Sumbawa, Pulau Madura, Pulau Jawa bagian timur, sebagian Pulau Sumbawa dan Flores.

Akibat rangkaian gempa yang terjadi di Lombok tersebut, tercatat korban meninggal dunia sebanyak 564 jiwa dan 1.584 jiwa terluka. Selain itu, sebanyak 149.715 rumah rusak dan 445.343 jiwa harus mengungsi.

4. Gempa, tsunami dan likuifaksi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah

Belum hilang rasa duka, Indonesia kembali tertimpa musibah, gempa berkekuatan 7,4 Magnitudo mengguncang Donggala dan Palu Jumat sore, 28 September 2018 lalu.

Tak berapa lama, BMKG mengeluarkan peringatan tsunami setinggi 0,5 hingga tiga meter.

Benar saja beberapa menit kemudian gelombang setinggi enam meter menerjang habis sebagian kota Palu yang terletak di ujung Teluk Palu.

Saat itu semua terjadi, masyarakat tengah menyambut malam peringatan ulang tahun Kota Palu dengan menggelar festival di pantai.

Tidak sampai di situ bencana seakan tidak berhenti di tanah Sulawesi Tengah.

Di sisi lain kota Palu, di Kelurahan Petobo, tanah berubah seperti lumpur hisap, menelan segala sesuatu yang ada di atasnya: bangunan, kendaraan, pepohonan, dan manusia.

Yang belakangan kita kenal dengan fenomena alam likuifaksi itu muncul pasca-gempa dan menenggelamkan kurang lebih 1.700 rumah di kawasan perumahan padat penduduk.

Per Kamis 25 Oktober 2018, BNPB mencatat 2.079 jiwa meninggal dunia, 4.438 jiwa terluka, 1.330 jiwa hilang. Sedangkan, rumah yang rusak sebanyak 68.451 unit. Hingga total kerugian mencapai Rp13,82 triliun.

5. Gempa Jawa Timur

Selang satu bulan tepatnya Kamis 11 Oktober 2018, gempa bumi mengguncang wilayah Jawa Timur dan Bali sekira pukul 01.57 WIB.

BMKG mencatat, pusat gempa berada di laut pada jarak 55 km arah timur laut Kota Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada kedalaman 12 km.

tercatat gempa dengan kekuatan 6,4 SR ini telah menimbulkan korban dan kerugian materil, di antaranya 3 orang meninggal dunia dan 34 orang terluka.

Selain itu, sebanyak 483 unit rumah alami kerusakan.

6. Banjir bandang dan longsor Mandailing Natal

Banjir bandang dan longsor menimpa Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara pada Kamis 11 Oktober 2018.

Banjir bandang sendiri diperkirakan disebabkan oleh sungai yang tak mampu menampung debit air yang besar.

BNPB mencatat 17 orang korban meninggal dunia, di mana 12 di antaranya adalah siswa SD yang tengah mengikuti kegiatan belajar bersama guru mereka.

Sementara itu, dua orang dinyatakan hilang, dan 534 lainnya mengungsi akibat kehilangan tempat tinggal mereka.

7. Tsunami Selat Sunda

Di penghujung tahun, tanpa ada pertanda khusus, gelombang tsunami meluluhlantakkan pesisir barat Pulau Jawa dan ujung selatan Pulau Sumatera.

Gelombang itu menghantam Sabtu lalu, 22 Desember 2018, sekitar pukul 21.30 WIB.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan, tsunami yang tidak didahului dengan gempa bumi ini, kemungkinan besar terjadi akibat longsor bawah laut pasca-erupsi Gunung Anak Krakatau.

Selain itu, juga bersamaan dengan gelombang pasang akibat bulan purnama.

Hingga Senin (31/12/2018), 437 orang dinyatakan meninggal dunia, 14.049 orang luka-luka, 16 lainnya hilang,sementara hampir 33 ribu warga mengungsi.

Di antara para korban tewas adalah tiga personel grup band Seventeen yang saat kejadian tengah tampil di atas panggung dalam acara family gathering PLN di Tanjung Lesung Beach Resort, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Tiga personel Seventeen yakni Herman (gitaris), Bani (bassist), serta Andi (drummer) meninggal dunia usai tersapu gelombang tsunami di kawasan Tanjung Lesung, Banten.

Selain ketiga nama diatas, Oki Wijaya (road manager Seventeen), Ujang (kru panggung Seventeen), serta Dylan Sahara (istri Ifan 'Seventeen') juga ikut menjadi korban. (*)

Pesan untuk Remaja Muslim Tentang Malam Pergantian Tahun

*Ustaz Abdul Somad Sebarkan Pesan Kepada Remaja Muslim Agar Tak Rayakan Malam Pergantian Tahun 


Ustaz Abdul Somad mengingatkan generasi muda muslim agar tidak ikut-ikutan merayakan malam Tahun Baru 2019 dengan berhura-hura seperti keluyuran naik sepeda motor bermai-ramai, apalagi sampai mabuk-mabukan.

Dalam postingan yang menggunakan bahasa Melayu Riau itu, Abdul Somad mengingatkan lebih baik mengisi malam tahun baru dengan ikut acara zikir atau jika tidak ada, lebih baik tidur.

"Malam Tahun Baru 2019, No Bonceng, No Bencong dan No Mabuk. Jangan Melalak (keluyuran, red), Ada Zikir Ikut, Tak Ada, Tidur," demikian pesan bertandatangan Ustadz Abdul Somad yang diposting di Instagram @ustadzabdulsomad sehari yang lalu.

Ustadz Abdul Somad mengimbau agar pesan tersebut dibuat dalam spanduk dan baliho, lalu sebarkan.

Dalam postingannya tersebut Ustadz Abdul Somad juga menyertakan tagar #SelamatkanGenerasiMuslim, serta menyertakan petikan hadist "Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk dari mereka" (HR.Abu Daud. Hasan)

Sejak diposting sehari yang lalu, pesan Ustaz Abdul Somad ini mendapat like sebanyak 317.382 dan dikomenteri puluhan warganet. (*)

Sejarah Kelahiran Nabi Isa

*Nabi Isa ‘Alaihis Salam Dalam Aqidah Umat Islam

Bismillah, walhamdulillah, washshalaatu wassalaamu ‘ala rasulillah,

Sungguh, Allah adalah Zat Yang Mahabijaksana. Dia memiliki kebijaksanaan yang sempurna yang jauh melampaui kebijaksanaan seluruh makhluk. Di antara bentuk kebijaksaan Allah adalah Ia ciptakan surga dengan segala macam kenikmatannya sebagai tempat kembali para hamba-Nya yang beriman kepadanya.


Dan merupakan bentuk keimanan kepadanya adalah beriman dengan para nabi dan rasul yang telah Ia utus ke dunia ini. Kita diperintahkan untuk meyakini mereka sesuai dengan apa yang diberitakan oleh Allah dan Rasul-Nya.

Sepanjang sejarah manusia, telah banyak para nabi dan rasul yang Allah utus ke dunia ini yang bertugas menyampaikan dan mengajarkan agama-Nya serta mengajak manusia untuk beribadah hanya kepada-Nya. Salah satu di antara mereka adalah Nabi Isa ‘alaihissalaam.

Siapa Nabi Isa?

Beliau adalah seorang lelaki yang lahir dari perut seorang wanita perawan nan suci bernama Maryam. Ibunya merupakan anak perempuan dari seorang lelaki pilihan Allah bernama ‘Imran dari keturunan Bani Israil (anak-anak Nabi Ya’kub alaihissalam). Keluarga Imran ini merupakan salah satu keluarga yang dipilih Allah untuk mendapatkan keistimewaan dari-Nya berupa nikmat kenabian.

Allah Ta’ala berfirman,

إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ آدَمَ وَنُوحًا وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِن بَعْضٍ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga ‘Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing). Sebagiannya merupakan keturunan dari yang lainnya. Dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.” (Ali ‘Imran: 33-34)

Bagaimana Kelahiran Nabi Isa?

Allah Ta’ala telah mengabarkan kepada kita bahwa Nabi Isa ‘alaihissalam dilahirkan tanpa proses pernikahan ibunya Maryam dengan seorang lelaki. Artinya, beliau lahir tanpa ayah. Dan yang demikian itu bukanlah hal yang mustahil bagi Allah ‘Azza wa Jalla.

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِندَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِن تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُن فَيَكُونُ

“Sesungguhnya perumpamaan (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya, “Jadilah”, maka jadilah ia.” (Ali ‘Imron: 59)

Ketika Maryam bertanya dengan penuh rasa heran saat mendapat kabar gembira berupa seorang putra yang akan lahir dari perutnya tanpa ‘sentuhan’ seorang lelaki, Allah menjelaskan dan menegaskan kepadanya serta kepada kita semua,

كَذَٰلِكِ اللَّهُ يَخْلُقُ مَا يَشَاءُ ۚ إِذَا قَضَىٰ أَمْرًا فَإِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُن فَيَكُونُ

“Demikianlah Allah, yang menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Apabila Ia sudah berkehendak menetapkan sesuatu, maka Ia hanya cukup mengatakan kepadanya, “jadilah kamu”, lalu jadilah ia.” (Ali’Imran: 47)

Proses penciptaan beliau adalah dengan ditiupkannya roh ke dalam rahim ibunya, Maryam. Kemudian Allah katakan kepadanya, “kun” (jadilah), sebagaimana yang Allah sebutkan pada ayat sebelumnya. Maka, seketika itu Maryam hamil sebagaimana wanita pada umumnya dan kemudian melahirkan Nabi Isa sebagai seorang anak manusia.

Sungguh, penciptaan ini merupakan salah satu tanda kekuasaan Allah subhanahu wa ta’ala sebagaimana yang telah ditegaskan dalam Alquran,

وَجَعَلْنَا ابْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُ آيَةً وَآوَيْنَاهُمَا إِلَىٰ رَبْوَةٍ ذَاتِ قَرَارٍ وَمَعِينٍ

“Dan telah Kami jadikan (Isa) putra Maryam beserta ibunya sebagai tanda (kekuasaan kami), dan Kami lindungi mereka di suatu tanah tinggi yang datar yang banyak terdapat padang-padang rumput dan sumber-sumber air bersih yang mengalir.” (Al-Mu’minun: 50)

Ayat-ayat yang menerangkan tentang proses kelahiran Nabi Isa ‘alaihissalam di atas merupakan bantahan tehadap tuduhan orang-orang Yahudi, yang menganggap Maryam ‘alaihassalam telah berzina. Padahal, Allah telah menegaskan tentang kesucian wanita ini dari perbuatan keji itu.

Allah Ta’ala berfirman,

وَمَرْيَمَ ابْنَتَ عِمْرَانَ الَّتِي أَحْصَنَتْ فَرْجَهَا فَنَفَخْنَا فِيهِ مِن رُّوحِنَا وَصَدَّقَتْ بِكَلِمَاتِ رَبِّهَا وَكُتُبِهِ وَكَانَتْ مِنَ الْقَانِتِينَ

“Dan (ingatlah) Maryam putri ‘Imran yang memelihara kemaluannya (dari perbuatan keji). Maka Kami tiupkan ke dalam rahimnya sebagian dari roh (ciptaan) Kami, dan Dia membenarkan kalimat Rabbnya dan kitab-kitab-Nya, dan dia itu termasuk orang-orang yang taat.” (At-Tahriim: 12)

وَإِذْ قَالَتِ الْمَلَائِكَةُ يَا مَرْيَمُ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَاكِ وَطَهَّرَكِ وَاصْطَفَاكِ عَلَىٰ نِسَاءِ الْعَالَمِينَ

“Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata, “Hai Maryam, Sesungguhnya Allah telah memilih kamu, menyucikan kamu dan juga mengistimewakan kamu atas segala wanita di seluruh dunia.” (Ali ‘Imran: 42)

Mukjizat yang Diberikan kepada Nabi Isa Ketika Bayi

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

وَيُكَلِّمُ النَّاسَ فِي الْمَهْدِ وَكَهْلًا وَمِنَ الصَّالِحِينَ

“Dan dia (Isa) berbicara kepada manusia dalam buaian (ketika ia bayi) dan juga ketika sudah dewasa. Dan dia itu termasuk orang-orang yang saleh.” (Ali-‘Imran: 46)

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,

مَا تَكَلَّمَ مَوْلُود فِي صِغَرِهِ إلا عِيسَى وصَاحِبَ جُرَيْج

“Tidak ada seorang anak yang berbicara ketika kecilnya kecuali Isa dan sahabat Juraij.”1

Dalam riwayat lain disebutkan,

لَمْ يَتَكَلَّمْ فِي الْمَهْدِ إِلَّا ثَلَاثَةٌ: عِيسَى

“tidak ada seorangpun yang berbicara sewaktu kecilnya kecuali tiga orang: (satu di antara mereka adalah) Isa …….” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika menafsirkan surah Ali ‘Imran ayat 46, Ibnu Katsir mengatakan, “Ia (Isa bin Maryam) mengajak manusia untuk beribadah kepada Allah semata tanpa kesyirikan pada saat ia masih kecil sebagai mukjizat dan tanda (kenabian), serta saat beliau sudah dewasa ketika Allah wahyukan kepadanya untuk melaksanakan urusan itu (dakwah).”2

Kedudukan Nabi Isa ‘Alaihis Salam Dalam Islam

Di dalam Alquran, Allah telah menjelaskan kedudukan Nabi Isa ‘alaihissalam yang sesungguhnya, bahwa beliau adalah salah satu hamba terbaik pilihan Allah dan juga utusan-Nya yang memiliki kedudukan tinggi dan mulia di sisi-Nya. Bukan sebagaimana yang diyakini oleh orang-orang Yahudi yang mengatakan beliau adalah anak zina. Bukan pula orang-orang Nasrani bahwa beliau adalah Allah atau anak Allah.

Allah Subhanahu wa Ta’ala telah membantah keyakinan buruk mereka ini dalam firman-Nya,

إِنْ هُوَ إِلَّا عَبْدٌ أَنْعَمْنَا عَلَيْهِ وَجَعَلْنَاهُ مَثَلًا لِّبَنِي إِسْرَائِيلَ

“Isa tidak lain hanyalah seorang hamba yang Kami berikan nikmat kepadanya dan Kami jadikan Dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk Bani lsrail.” (Az-Zukhruf: 59)

إِنَّمَا الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُولُ اللَّهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَىٰ مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِّنْهُ

“Sesungguhnya Al Masih, Isa putra Maryam itu adalah utusan Allah, kalimat-Nya yang Ia kirimkan kepada Maryam, dan juga roh dari-Nya.” (An-Nisaa’: 171)

Syaikh Abdurrahman bin Hasan mengatakan bahwa maksud dari Isa adalah kalimat Allah yaitu Allah menciptakan beliau dengan kalimat-Nya, “كن”. Sedangkan maksud dari Roh ialah Isa ‘alaihissalam merupakan salah satu dari sekian banyak roh yang telah Allah ciptakan.3 Dan beliau bukanlah roh kudus, karena roh kudus itu ialah Jibril ‘alaihissalam sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para ahli tafsir dari kalangan sahabat dan yang setelah mereka.4

Dari ayat ini, kita dapati betapa mulia dan agungnya kedudukan Nabi Isa ‘alaihissalam di sisi Allah ‘Azza wa Jalla. Sehingga Allah sebutkan beliau sebagai kalimat dan juga roh-Nya. Dan idhafah (penyandaran) pada ayat ini merupakan bentuk penghormatan kepada beliau.

Dakwah Nabi Isa ‘Alaihis Salam

Dakwah beliau tidak berbeda dengan dakwahnya para Nabi dan Rasul yang lain, yaitu mengajak manusia untuk beriman dan beribadah hanya kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Hanya saja, Nabi Isa ‘alaihissalam diutus khusus kepada Bani Israil. Berbeda dengan Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang diutus kepada semua makhluk, dari kalangan jin dan manusia.

وَرَسُولًا إِلَىٰ بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنِّي قَدْ جِئْتُكُم بِآيَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ

“Dan (Allah jadikan Isa) sebagai Rasul (yang diutus) kepada Bani Israil (dan berkata kepada mereka), “Sesungguhnya aku telah datang kepadamu dengan membawa ayat (mukjizat) dari Rabb-mu.” (Ali ‘Imran: 49)

Di antara yang beliau serukan kepada Bani Israil adalah apa yang Allah abadikan dalam kitab-Nya,

وَقَالَ الْمَسِيحُ يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ ۖ إِنَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ ۖ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنصَارٍ

“Dan (Isa) Al-Masih berkata, “Hai Bani Israil, sembahlah Allah, Rabb-ku dan juga Rabb kalian. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah (dalam ibadahnya), maka Allah haramkan surga untuknya, dan tempat kembalinya ialah neraka. Dan orang-orang zalim itu tidak memiliki seorang penolong pun (yang akan menolongnya dari siksa api neraka).” (Al-Maaidah: 72)

إِنَّ اللَّهَ رَبِّي وَرَبُّكُمْ فَاعْبُدُوهُ ۗ هَٰذَا صِرَاطٌ مُّسْتَقِيمٌ

“Sesungguhnya Allah itu Rabb-ku dan juga Rabb kalian, maka beribadahlah kepada-Nya. Inilah jalan yang lurus.” (Ali-‘Imran: 51)

Walau Allah telah menganugerahi banyak mukjizat yang menunjukkan kenabian beliau, dan membenarkan kerasulan beliau, hanya sebagian saja yang menyambut dan menerima dakwah beliau. Mereka adalah al-hawariyyun yang menjadi pengikut dan penolong setia beliau.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا أَنصَارَ اللَّهِ كَمَا قَالَ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ لِلْحَوَارِيِّينَ مَنْ أَنصَارِي إِلَى اللَّهِ ۖ قَالَ الْحَوَارِيُّونَ نَحْنُ أَنصَارُ اللَّهِ ۖ فَآمَنَت طَّائِفَةٌ مِّن بَنِي إِسْرَائِيلَ وَكَفَرَت طَّائِفَةٌ

“Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu penolong (agama) Allah sebagaimana Isa putra Maryam telah berkata kepada pengikut-pengikutnya yang setia, “Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku (untuk menegakkan agama) Allah?” Pengikut-pengikut yang setia itu berkata, “Kamilah penolong-penolong (agama) Allah.” Maka (dengan begitu), segolongan dari Bani Israil beriman (al-hawariyyun) dan segolongan lain kafir.” (Ash-Shaff: 14)

Siapa yang disalib?

Sejak zaman Nabi Musa ‘alaihissalam, Bani Israil telah menunjukkan sikap-sikap melampaui batas. Mereka telah dikenal sebagai kaum yang sombong, berhati keras, pembangkang, suka berbohong dan ingkar janji, selalu mengingkari nikmat dan ayat-ayat Allah serta hobi mengakal-akali perintah dan larangan Allah. Karenanya, Allah selalu mengutus para Nabi kepada mereka untuk membimbing dan menuntun mereka ke jalan yang benar, serta menegakkan hukum Allah di tengah-tengah mereka.

Akan tetapi, ketika ada Nabi yang diutus kepada mereka, selalu saja mendapat ancaman kejahatan tangan-tangan mereka. Dan mereka tidak segan-segan membunuh para Nabi yang diutus kepada mereka. Di antara Nabi yang Allah utus kepada mereka adalah Isa ‘alaihissalam.

Tidak berbeda dengan nabi-nabi yang lain, Isa ‘alaihissalam juga mendapat perlakuan yang sama dari Bani Israil berupa pendustaan, pengingkaran, gangguan, dan permusuhan.

Tatkala Allah mengutusnya kepada mereka dengan bukti-bukti dan juga petunjuk, mulailah mereka iri dan dengki terhadap beliau karena kenabian dan mukjizat-mukjizat luar biasa yang Allah berikan kepada beliau. Karena dasar kedengkian itulah mereka mengingkari kenabian Isa ‘alaihissalam dan kemudian memusuhi serta menyakiti beliau.

Betapa besar permusuhan yang mereka sulutkan sehingga tidak membiarkan beliau ‘alaihissalam menetap di negeri bersama mereka. Bahkan beliau bersama ibunya selalu berkelana, berpindah-pindah tempat karena ulah orang-orang Yahudi tersebut.

Tidak sampai di sini. Karena kedengkian telah tertancap dan mendarahdaging, mereka berusaha membuat konspirasi untuk membunuh beliau dengan menghasut Raja Damaskus saat itu yang beragama penyembah bintang-bintang. Mereka membuat fitnah-fitnah serta tuduhan dusta tentang Nabi Isa ‘alaihissalam, sehingga Raja yang mendengar hal itu menjadi marah dan memerintahkan perwakilannya di al-Quds/Yerussalem untuk menyalibnya.

Setelah menerima perintah dari raja, wakil raja yang berada di al-Quds itu langsung berangkat bersama sekelompok Yahudi menuju rumah yang sedang ditempati oleh Nabi Isa ‘alaihissalam dan kemudian mengepungnya.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya, “Mereka telah merancang tipu muslihat, dan Allah juga membuat tipu muslihat (terhadap mereka). Sedangkan Allah adalah sebaik-baik perancang tipu muslihat.” (Ali ‘Imran: 54)

Dalam keadaan demikian, Nabi Isa ‘alaihissalam menanyakan kepada murid-muridnya tentang siapa yang bersedia diserupakan wajahnya seperti wajah beliau. Dan beliau menjanjikan surga bagi siapa yang bersedia. Maka, salah seorang pemuda di antara mereka ada yang merespon beliau dengan jawaban, “Saya bersedia”.

Kemudian Allah serupakan wajahnya dengan wajah Nabi Isa ‘alaihissalam. Setelah itu, Nabi Isa tertidur dan diangkat Allah ke langit dari rumah tersebut dalam keadaan demikian. Tatkala para murid beliau keluar dari rumah itu, orang-orang Yahudi yang telah mengepung sejak sore menangkap dan menyalib lelaki tersebut.5 Setelah itu mereka berkata, “Sesungguhnya kami telah membunuh Isa putra Maryam, yaitu utusan Allah” (An-Nisaa’: 157)

Namun, Allah membantah perkataan mereka ini pada ayat yang sama, “Dan mereka sama sekali tidak membunuhnya dan tidak pula menyalibnya. Akan tetapi, (orang yang mereka salib itu) adalah yang diserupakan (wajahnya dengan Isa) untuk mereka.”

Dalam satu riwayat, disebutkan bahwa sebelum menangkap lelaki tersebut, mereka menghitung jumlah orang-orang yang keluar dari rumah itu karena mendengar bahwa Isa telah diangkat ke langit. Setelah dihitung, ternyata mereka mendapatkan ada satu orang yang kurang. Sehingga mereka ragu apakah yang mereka tangkap itu benar-benar Isa atau bukan?6

Inilah mengapa Allah sebutkan di akhir ayat, “Dan sungguh, orang-orang yang berselisih padanya (urusan pembunuhan Isa) benar-benar dalam keraguan. Mereka itu tidak memiliki ilmu yang pasti tentangnya. Dan mereka tidak membunuhnya dalam keadaan yakin (bahwa yang dibunuh itu benar-benar Isa).” (An-Nisaa’: 157)

Keberadaan Nabi Isa Saat Ini

Para ulama telah sepakat tentang keberadaan beliau saat ini, yaitu di langit dalam keadaan masih hidup dan sama sekali belum mati. Dan hal ini telah disebutkan Allah dalam firman-Nya,

وَمَا قَتَلُوهُ يَقِينًا بَل رَّفَعَهُ اللَّهُ إِلَيْهِ ۚ وَكَانَ اللَّهُ عَزِيزًا حَكِيمًا

“Mereka tidak membunuhnya dalam keadaan yakin. Akan tetapi (sebenarnya), Allah telah mengangkatnya (Isa) kepada-Nya. Dan Allah itu Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (An-Nisaa’: 157-158)

Pengangkatan Nabi Isa ‘alaihissalam terjadi ketika beliau dikepung oleh orang-orang Yahudi untuk ditangkap dan disalib, sebagaimana yang telah disebutkan di atas. Allah mengangkat beliau kepada-Nya, yaitu ke langit.

Allah Ta’ala juga berfirman,

إِذْ قَالَ اللَّهُ يَا عِيسَىٰ إِنِّي مُتَوَفِّيكَ وَرَافِعُكَ إِلَيَّ وَمُطَهِّرُكَ مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا

“(Ingatlah) ketika Allah berfirman, “Wahai Isa, sesungguhnya Aku akan mewafatkanmu dan mengangkatmu kepada-Ku serta membersihkanmu dari orang-orang yang kafir tersebut.” (Ali-‘Imran: 55)

Imam Ibnu Katsir mengatakan bahwa yang dimaksud wafat pada ayat ini adalah tidur. Maksudnya, Allah menjadikan beliau tertidur sebelum diangkat ke langit.7

Imam Ath-Thabari meriwayatkan dari al-Hasan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada orang Yahudi, “Sesungguhnya Isa itu belum mati. Dan ia akan kembali kepada kalian sebelum hari kiamat nanti.”8

Dan sangat banyak hadis-hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam yang menunjukkan bahwa beliau saat ini masih hidup dan berada di langit.

Di antara hadis-hadis tersebut adalah kisah perjalanan mikraj Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Dalam kisah tersebut, beliau bertemu dengan Nabi Isa ‘alaihissalam di langit yang menyapa dan memberikan salam penghormatan kepada beliau.9

Nabi Isa Turun di Akhir Zaman

Turunnya Nabi Isa ‘alaihissalam ke dunia pada akhir zaman nanti merupakan perkara yang pasti akan terjadi dan merupakan salah satu tanda-tanda besar dekatnya hari kiamat. Tidak ada satu orang pun dari ulama kaum muslimin yang mengingkari kejadian ini. Bahkan mereka menganggap perkara tersebut termasuk perkara yang wajib diyakini oleh setiap muslim.

Hal itu dikarenakan Allah Subhanahu wa Ta’ala telah mengisyaratkannya dalam Alquran. Begitu pula dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang telah mengabarkan akan terjadinya kejadian itu.

Allah Ta’ala berfirman,

وَإِن مِّنْ أَهْلِ الْكِتَابِ إِلَّا لَيُؤْمِنَنَّ بِهِ قَبْلَ مَوْتِهِ ۖ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكُونُ عَلَيْهِمْ شَهِيدًا

“Tidak ada seorang pun dari ahli kitab kecuali akan beriman kepadanya (Isa alaihissalam) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka.” (An-Nisaa: 159)

Imam As-Saffarini menjelaskan bahwa mereka benar-benar akan beriman kepada Nabi Isa ‘alaihissalam sebelum wafatnya. Dan hal itu terjadi ketika beliau turun dari langit pada akhir zaman nanti, sehingga hanya akan ada satu agama, yaitu agama Ibrahim yang lurus.10

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya,

“Demi Allah, sungguh hampir tiba saatnya putra Maryam itu turun di tengah-tengah kalian sebagai seorang hakim yang adil.”11

Bagaimana Nabi Isa Turun?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan bahwa Nabi Isa ‘alaihissalam akan turun di dekat ‘menara putih’ yang berada di bagian timur Damaskus dengan mengenakan pakaian yang dicelupkan wars12 dan za’faran.13 Saat turun, beliau meletakkan kedua telapak tangannya di sayap dua malaikat. Ketika beliau menundukkan kepala, maka akan menetes. Dan ketika beliau mengangkatnya, maka akan bercucuran air yang sangat bening seperti mutiara. Tidak ada seorang kafir pun yang mencium aroma nafas beliau kecuali ia akan mati. Sedangkan nafas beliau itu menjangkau jarak yang sangat panjang, sejauh matanya memandang.14

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga menjelaskan bahwa ketika turun, Nabi Isa ‘alaihissalam akan disambut oleh Imam Mahdi beserta kaum muslimin, dan kemudian sholat bersama mereka.

“Akan senantiasa ada segolongan dari umatku ini yang selalu berperang menampakkan kebenaran sampai hari kiamat tiba. Maka turunlah Isa alaihissalam, dan pemimpin mereka (Imam Mahdi) akan berkata (kepadanya), ‘Kemarilah anda dan sholatlah bersama kami (maksudnya jadilah imam dalam sholat kami-red).’ Kemudian ia menjawab, ‘Tidak, sungguh sebagian kalian adalah pemimpin bagi sebagian yang lain sebagai bentuk penghormatan Allah terhadap umat ini.’”15

Apa Yang Beliau Bawa Ketika Diturunkan dan Untuk Apa Beliau Turun??
Allah Subhanahu wa Ta’ala tidaklah menetapkan suatu hal melainkan ia mempunyai misi tersendiri untuk itu. Dan Dia juga telah menetapkan misi khusus diturunkannya Nabi Isa ‘alaihissalam di akhir zaman nanti. Di antaranya adalah apa yang disebutkan oleh Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam dalam sabdanya,

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَيُوشِكَنَّ أَنْ يَنْزِلَ فِيكُمُ ابْنُ مَرْيَمَ حَكَمًا مُقْسِطًا، فَيَكْسِرَ الصَّلِيبَ، وَيَقْتُلَ الْخِنْزِيرَ، وَيَضَعَ الْجِزْيَةَ، وَيَفِيضَ الْمَالُ حَتَّى لَا يَقْبَلَهُ أَحَدٌ

“Demi Allah, sungguh hampir tiba saatnya putra Maryam itu turun di tengah-tengah kalian sebagai seorang hakim yang adil. Maka ia akan memecahkan salib, membunuh babi, menghapus jizyah/upeti. Dan (saat itu) harta benda berhamburan sampai-sampai tidak ada seorang pun yang bersedia menerimanya (harta pemberian).” (HR. Bukhari no. 2222, Muslim no. 155)

Misi lain dari turunnya Isa ‘alaihissalam adalah untuk membunuh Dajjal. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,

يخرج الدجال في أمتي فيمكث أربعين –لا أدري أربعين يوما أو أربعين شهرا أو أربعين عاما– فيبعث الله عيسى بن مريم كأنه عروة بن مسعود فيطلبه فيهلكه

“Dajjal akan keluar di tengah-tengah umatku dan akan menetap selama 40 –salah seorang perawi berkata, aku tidak tahu apakah itu 40 hari, 40 bulan, atau 40 tahun–. Maka Allah utus Isa putra Maryam. Kemudian beliau mencarinya dan akan berhasil membinasakannya.”16

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah beliau turun bukan sebagai Nabi yang membawa syariat baru setelah syariat Nabi Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam. Akan tetapi, sebagai imam kaum muslimin atau hakim yang adil sebagaimana yang disebutkan dalam hadis di atas.

Syaikh Shalih Al Fauzan menjelaskan bahwa Nabi Isa ‘alaihissalam beribadah dengan syariat Nabi kita Muhammad shallallaahu ‘alaihi wasallam, baik dalam perkara-perkara pokok maupun cabang. Bukan dengan syariat beliau yang dahulu. Sebab, syariat tersebut telah dihapus.

Dengan demikian, beliau turun ke bumi sebagai khalifah bagi Nabi kita shallallaahu ‘alaihi wasallam, sekaligus sebagai hakim bagi umatnya.17

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata, “Dan Isa itu masih hidup di langit dan sama sekali belum mati. Dan ketika turun nanti, ia tidak akan menerapkan hukum kecuali dengan hukum kitab dan sunah, bukan dengan yang menyelisihi itu.”18

Inilah sedikit tentang hal-hal yang wajib kita yakini seputar Nabi Isa ‘alaihissalam. Semoga Allah menjadikan tulisan ini bermanfaat bagi setiap orang yang ingin mengambil manfaat darinya.

Wallaahu a’lam.

Penulis: Muhammad Nurul Fahmi
Murajaah: Ust. Suhuf Subhan, M.Pd.I
Artikel: Nabi Isa ‘Alaihissalam Dalam Aqidah Umat Islam
https://muslim.or.id/19334-nabi-isa-alaihissalam-dalam-aqidah-umat-islam.html