SEO untuk Website Baru

Search Engine Optimition atau lebih poppuler disebut SEO adalah cara mengarahkan pengunjung melalui mesin pencari. 



 
seo



Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Nah agar website dapat menempati posisi teratas dalam mesin pencari, sebuah website apalagi website baru mesti memperhatikan sejumlah teknik SEO. Berikut beberapa strategi tips SEO untuk website baru yang patut diketahui agar bisa meningkatkan trafik pengunjung:

TUNJUKKAN EXPESITASI
Website baru tentu belumlah dipercaya, masih sedikit halaman yang dimilikinya dan masih sedikit konten unik yang disimpanya, pastilah tidak serta merta mendapatkan trafik yang tinggi. Bagi website baru, harus memfokuskan diri pada rencana jangka panjang, harus membangun kepercayaan lewat link dari website lain, secara konsisten membuat konten yang teroptimalisasi dan paling penting mempermudah calon pngunjung agar mudah menemukan website baru tersebut.

BANGUN KEPERCAYAAN
Website baru belum mendapat kepercayaan dari search engine, karenanya kepecayaan haruslah dibagun. Ada bermacam cara membuat website layak dipercaya, salah satunya dengan kreasi konten secara konsisten, menciptakan konten secara kontinyu sehinggah bisa menghasilkan lebih banyak tautan menuju website. Akan lebih baik lagi jika dapat meraih kepercayaan dari website berpengunjung besar. Misalnya link tautan menuju website baru ada yang berasal dari domain lembaga pemerintahan (.go, .go.id, .gov, .mil, dan lainnya) domain institusi pendidikan (.edu, .ac atau .ac.id), domain organisasi nirlaba (.org atau .or.id). Dalam sistim seach engine, jika domain dipercaya oleh website resmi, search engine juga akan mempercayai website itu.

CIPTAKAN KONTEN
Kreasi konten adalah hal yang penting semua website, ada tiga hal yang harus dipertimbangkan dalam menciptakan konten;  pertama, harus membuat konten sesering mungkin, seimbangkan antara kecepatan kreasi konten dengan kualitas konten yang dihasilkan, kedua, jangan hanya mengandalkan SEO, harus punya stategi untuk mempromosikan konten secara efektif, ketiga ciptakan strategi membangun tautan untuk konten yang diproduksi.

KONTEN LEBIH BERAGAM
SEO tradisional hanya berkutat pada bagaimana menulis konten. Konten website juga telah bergeser dan tidak hanya berisi tulisan namun juga  menyertakan foto dan video bahkan mengelola chanel di Youtube yang dihubungkan dengan konten website. Faktanya, sebagian besar orang menyukai website yang disertai foto dan atau video, bukan hanya teks yang membosankan.

BUAT LEBIH BANYAK TAUTAN
Untuk mengatasi kekurangan tautan dari pihak luar, website baru bisa menjalankan trik menciptakan lebih banyak tautan di halaman sendiri, dengan demikian halaman webste akan lebih cepat dirangking oleh mesin pencari.

BANGUN INBOUND LINKS
Selain fokos agar semakin banyak website yang menautkan diri ke website baru, website tersebut juga harus membangun tautan ke dalam alias inbound, pastikan tautan yang dibuat alami. Dengan inbound link konten juga dapat dihubungkan sehinggah pengunjung akan lebih mudah menemukan apa yang pernah ditulis.

EKSIS DI MEDIA SOSIAL
Media sosial sebelumnya tak pernah dibahas dalam strategi SEO, tapi saat ini, memperhatikan percakapan di media sosial semacam Google+, Facebook atau Twitter telah merayap menjadi teknik SEO. Percakapan di media sosial membuat seacrh engine akan mengunakannya sebagai salah satu faktor penentu kualitas sebuah website.

TENTUKAN PERINGKAT
Berada pada rangking 10 besar atau bahkan 5 besar pada berbagi macam kata kunci pencarian haruslah menjadi tujuan utama sebuah website, jika bisa meraih tujuan ini pada website baru dalam waktu yang singkat, maka website itu akan kedatangan banyak pengunjung dan menjadi populer. Bagi website bisnis, hal ini akan mendatangkan keuntungan yang besar.

Yah, itulah strategi tips SEO untuk website baru, patut dicoba!