Alexa Rank: Kegunaan dan Cara Meningkatkan Peringkat Situsweb

Rasanya kita semua paham: kesuksesan sebuah situsweb atau blog bergantung pada lalu lintas pengunjung, entah pengunjung setia maupun pengunjung baru yang mampir ke situsweb kita.


Apapun tujuannya, seluruhnya bergantung pada seberapa tinggi traffic yang masuk ke situsweb atau blog kita.

Mereka yang sudah lama mengelola website atau blog pasti familiar dengan Alexa Rank (alexa.com). Secara umum, Alexa Rank merupakan sebuah peringkat yang diberikan pada sebuah situs internet, baik berupa blog maupun website, berdasarkan tingginya traffic pengunjung.

Menyandang nama "Alexa" sebab perhitungan ini dilakukan oleh Alexa.com, sebuah situsweb, anak perusahaan dari Amazon.com. Situs ini berperan sebagai pemberi informasi mengenai traffic pengunjung serta tingkat popularitas sebuah situsweb, yang dihitung sesuai dengan jumlah visitor dengan Alexa toolbar yang sudah terpasang atau terinstal.

Beberapa pihak menyebutkan Alexa Rank sebagai penghitung sekaligus penguji kualitas sebuah situsweb. Adapun wujudnya berupa susunan peringkat atau ranking, berupa widget Alexa Rank. Selanjutnya, peringkat lantas dihitung mulai dari yang terbesar hingga terkecil. Semakin kecil peringkat Alexa Rank, semakin baik pula kualitas situsweb tersebut.

Berbeda dengan sistem Google Rank, semakin besar nilai, maka semakin baik pula kualitas atau tingkat popularitas sebuah situsweb.

Adapun ukuran terbesar pada peringkat Alexa Rank berkisar hingga jutaan dan pada umumnya, ketika sebuah situsweb mendaftar pertama kali dan memasang widget Alexa, situsweb tersebut akan mendapatkan nilai yang masih sangat besar; yakni mencapai 20 jutaan!

Untuk menentukan Alexa Rank, Alexa.com menggunakan mesin pencari bernama Crawler Alexa, untuk melakukan pemindaian pada seluruh situsweb di internet. Sebagai langkah awal, robot ini akan memulainya dengan daftar URL, lalu melakukan pengelompokan berdasarkan tautan URL lokal saat ditemukan.

Saat menjalankan tugasnya, Crawler Alexa akan mencari sebuah file bernama “robot.txt” yang dibuat oleh administrator situsweb dengan tujuan mengarahkan perilaku robot ketika memindai sebuah situsweb. Ini adalah sebuah prosesi ketat SRE (Standard for Robot Exclusion) untuk menghormati privasi situsweb.

Dalam prosesnya, untuk menyediakan statistik dari setiap situs internet, Alexa juga akan mengumpulkan, menyaring, menyortir, serta menghitung informasi dari berbagai sumber.

Informasi-informasi tersebut di antaranya adalah Traffic Rank, jumlah tampilan halaman, beban waktu dan lain sebagainya. Selain itu, penilaian juga dilakukan berdasarkan jumlah "links in" suatu website atau blog. Semakin banyak jumlah "links in", backlink yang didapat sebuah blog, maka semakin cepat pula Alexa Rank meramping.

Pada akhirnya, penghitungan Alexa Rank tidak hanya ditentukan oleh lalu lintas atau traffic situsweb tersebut, melainkan juga memperhitungkan lalu lintas di semua situsweb. Bukan tak mungkin, beberapa perubahan traffic di situsweb lain bisa memengaruhi perubahan situsweb Anda.

Inilah yang menjelaskan, mengapa nilai peringkat situsweb bisa berubah-ubah setiap hari.

Manfaat Alexa Rank bagi situsweb, yakni.

- Tolok Ukur Kualitas dan Popularitas Situsweb

Karena semakin kecilnya Alexa Rank menandakan semakin berkualitas atau populer sebuah situsweb atau blog. Secara sederhana, hal ini bisa dipahami dari segi visitor maupun traffic blog yang "ramai". Pada akhirnya, semakin tinggi jumlah pengunjung yang datang akan berdampak pada semakin besarnya potensi sebuah situsweb untuk mendatangkan uang bagi pemiliknya.

Mendatangkan Peluang Bisnis

Pada beberapa kasus, seperti penggunaan situsweb atau blog sebagai media penyalur hobi menulis maupun berekspresi, selain menandakan popularitas, umumnya peran Alexa Rank tidak begitu penting. Namun sebaliknya, bagi mereka yang mengelola situweb dengan tujuan mencari uang, Alexa Rank sangat penting untuk menarik calon klien atau pembeli potensial.

- Menarik Pengiklan

Hal ini berlaku bagi Anda yang mengelola situsweb untuk berbisnis. Adapun salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan memasang iklan (link) pada situsweb. Tak bisa diingkari, meski Alexa Rank dianggap tidak akurat oleh beberapa pakar internet, Alexa Rank tetap dianggap menjadi penentu kualitas suatu situs di internet, meliputi peringkat secara lokal maupun global; jumlah tautan; hingga informasi kecepatan loading, yang pada akhirnya menentukan kredibilitas dan potensi situsweb.

Dalam hal ini, sudah jelas: semakin kecil Alexa Rank, itu akan semakin meningkatkan daya tawar situsweb, saat hendak bekerja sama dengan pengiklan atau perusahaan.

Langkah-langkah Meningkatkan Alexa Rank

1. Instal Alexa Toolbar

Sebagai langkah awal, Anda harus mengunduh Alexa toolbar, lalu mengatur situsweb Anda sebagai homepage. Nah, bagi Anda yang bekerja pada perkantoran dan lingkungan profesi dengan banyak PC atau laptop, Anda bisa juga menerapkan cara ini pada seluruh komputer dan browser.

Jangan lupa untuk selalu mengupdate situs menggunakan browser yang sudah diinstal Alexa toolbar. Harus diingat, untuk memaksimalkan nilai Alexa Rank, seluruh aktivitas yang Anda lakukan pada situs haruslah memakai browser sama dan sudah terinstal Alexa toolbar.

2. Memasang Widget Alexa Rank

Anda bisa memasang widget Alexa Rank pada situsweb. Dengan cara ini, setiap klik yang ada terhitung sebagai "kunjungan", bahkan saat Alexa toolbar tidak digunakan si pengunjung.

3. Daftarkan Situsweb di Alexa.com

Untuk meningkatkan peringkat Alexa Rank, terlebih dulu, Anda harus mendaftarkan dan mengklaim situsweb dengan menempatkan Alexa ID meta tag pada bagian atas atau head template. Adapun "site description", "country name" dan "profile" menjadi sangat penting ketika melakukan proses klaim ini.

4. Mencari Backlink

Anda bisa menulis tips-tips terkait cara meningkatkan peringkat Alexa Rank maupun konten-konten lain, yang memancing para blogger maupun webmaster (biasanya sudah memiliki Alexa toolbar yang terpasang) untuk berkunjung.

Semakin banyak tautan yang menuju ke situsweb Anda, semakin meningkat pula popularitas situsweb di mesin Alexa.com. Untuk mendapatkannya, Anda bisa berkomentar atau menjadi guest blogging di situsweb lain menggunakan opsi "Name" atau "url".

Pastikan pula komentar yang Anda berikan adalah komentar konstruktif, tentunya dengan menggunakan kata kunci secara bijaksana.

Adapun sebagai cara meningkatkan Alexa Rank lainnya adalah dengan terus mempromosikan situsweb melalui jejaring sosial maupun forum webmaster. Secara bertahap, hal ini bisa berdampak baik pada penambahan backlink juga peningkatan nilai Alexa Rank situsweb.

5. Isi Situs dengan Konten Menarik dan Berkualitas, Juga "Fresh Content" 

Cara ini sudah terbukti dalam upaya meningkatkan Alexa Rank. Isilah situsweb Anda dengan konten-konten menarik, berkualitas dan tentunya relevan. Jika perlu, cari keunikan dari situsweb Anda sehingga pengunjung betah berlama-lama dan kembali mampir di situsweb Anda. Semakin Anda memiliki konten unik, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain, hasilnya akan semakin baik.

Harus diingat, dalam prosesnya, Alexa juga mempertimbangkan page view dan bounce rate. Karenanya, sangat penting untuk tetap mempertahankan dan menyesuaikan konten dengan tema situs.

Adapun pengisian konten ini haruslah dibarengi dengan konsistensi dalam melakukan update situsweb. Pastikan Anda memperbarui situs secara teratur. Misalnya menetapkan jadwal posting sebanyak dua hari sekali atau kurun waktu tertentu, sebab seperti halnya Google, Alexa sangat menyukai fresh content.

6. Promosi

Promosikan situsweb Anda untuk meningkatkan traffic serta nilai Alexa Rank. Ada banyak cara maupun media promosi, seperti lewat media sosial (Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya), forum online (Kaskus, Detik Forum dan sebagainya ), social bookmarking, guest blogging, juga memasang iklan di situsweb yang memiliki traffic tinggi.

7. Terapkan SEO

Pada dasarnya, prinsip kerja Alexa Rank hampir sama dengan mesin pencari lainnya, seperti Google, Yahoo, dan sebagainya. Karenanya, optimalkan teknik SEO untuk mendapatkan pengunjung, yang secara tidak langsung berdampak pada meningkatnya traffic situsweb.

8. Membeli Alexa Pro

Dengan catatan: Anda adalah seorang pengelola situsweb yang sudah serius dan mendapatkan keuntungan dari situ. Selain bertujuan untuk meningkatkan Alexa Rank, Alexa Pro menawarkan fitur-fitur lebih, seperti melakukan promosi di Alexa search result, backlink ke situs, hingga menambahkan company logo.

Tips: Pastikan Alexa Rank situsweb Anda sudah muncul terlebih dulu. Jika belum atau masih berstatus "No Data', Anda harus mengatasinya, dengan cara-cara yang sudah dipaparkan di atas. Setelah muncul, barulah Anda bisa langsung meningkatkan Alexa Rank situsweb tersebut.

9. Jangan Berlebihan

Pastikan bahwa seluruh upaya yang sudah Anda lakukan tidak berlebihan. Berkomentar terlalu banyak dan agresif pada situs lain misalnya, alih-alih mendatangkan backlink, dalam jangka panjang cara ini malah bisa dianggap spam oleh Google.

10. Konten Khusus untuk Webmaster

Cara ini terbukti ampuh, namun bisa “tidak” Anda lakukan, jika tidak relevan dengan tema situs Anda. Pasalnya, hampir seluruh webmaster maupun blogger menggunakan Alexa toolbar pada browser mereka, dan berupaya untuk meningkatkan nilai Alexa Rank. Jika Anda menuliskan konten/artikel khusus untuk mereka, tentunya diimbangi dengan teknik SEO yang optimal, tentu hal ini akan berdampak pada peningkatan nilai Alexa Rank situs Anda secara cepat. Karena umumnya hal tersebut akan memancing mereka mengunjungi situs Anda (dengan browser yang sudah terinstal Alexa toolbar). Sebagai langkah awal, Anda bisa menulis tentang SEO, blogger, cara meningkatkan Alexa Rank, dan sebagainya.

Kunci lain di balik kesuksesan Alexa Rank sebuah situs adalah kesabaran dan ketekunan. Harus diingat, cara meningkatkan Alexa Rank bukanlah proses instan, melainkan berjalan seiring waktu.

Cara meningkatkan Alexa Rank adalah sebuah proses jangka panjang. Tentu, ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan Alexa Rank dan menambah nilai profesionalitas sekaligus popularitas situs Anda. Namun, kunci terpenting serta terbaik adalah tetap fokus pada pengembangan konten yang berkualitas untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan visitor; bukan dengan melakukan cara-cara artifisial lainnya.

Selamat mencoba!