Hindari 8 Kesalahan Ini dalam Desain Web dan Blog

Tak perlu dipungkiri bahwa bagi orang awam salah satu kriteria website yang menarik terlihat dari segi designnya yang menawan.




Meskipun design merupakan salah satu faktor yang penting, sayangnya tidak semua web developer mengerti bagaimana membuat design yang menarik bagi pengunjung.

Dalam artikel ini, penulis akan membahas secara singkat mengenai 8 kesalahan web design.

1. Merasa sudah mengetahui apa yang terlihat baik

Inilah letak kesalahan utama, merasa lebih tahu tentang design yang baik. Setiap designer yang baik selalu secara konstan melihat design yang bagus untuk meningkatkan kreativitas, sehingga Anda pun harus melakukannya. Mungkin Anda perlu melihat beberapa situs yang menarik di Internet, melihat komposisi warna, struktur, gambar dan apapun yang secara design menarik bagi Anda.

2. Tidak memperhatikan masalah warna

Sebagian besar web developer tidak terlalu peduli dengan masalah warna, yang penting websitenya dapat berfungsi sesuai yang diinginkan. Selain itu web developer juga sering “tidak betah” untuk mencoba-coba warna yang cocok bagi websitenya karena merasa menghabiskan banyak waktu, padahal warna sangat menentukan efek psikologis pengunjung. Tentunya perilaku ini sangat berbeda dengan designer yang seringkali mencoba mencari kombinasi warna terbaik untuk menghasilkan website yang menarik.

3. Banyak menggunakan rata tengah

Rata tengah (align center) adalah hal umum yang dilakukan pada judul, tagline, quotes. Tetapi, kadang ada pula yang membuat teks website menjadi rata tengah sehingga terlihat buruk. Akan lebih aman jika Anda menggunakan banyak rata kiri dengan perpaduan jarak yang seimbang untuk menghasilkan website yang terlihat lebih konstan.

4. Mengacuhkan pemilihan font

Dalam design, memilih font yang sesuai termasuk ke dalam studi tipografi dan ini sangat mempengaruhi kenyamanan pengunjung dalam membaca artikel di website Anda. Oleh arena itu, bereksplorasi untuk memilih font yang tepat sangatlah diperlukan sehingga menciptakan kesan yang menarik di website Anda.

5. Menjejali banyak informasi pada space yang kosong

Informasi memang diperlukan bagi pengunjung, tetapi tidak semua informasi yang ditampilkan akan membuat nyaman. Alih-alih bermanfaat, menjejali banyak informasi pada space kosong akan terlihat website menjadi lebih berantakan. Lebih baik sediakan tempat untuk menaruh informasi  dan space kosong secara seimbang, sehingga tampilan website juga lebih baik.

6. Tidak peduli tentang gambar

Gambar yang buruk dapat merusak tampilan website yang baik, sedangkan gambar yang bagus akan meningkatkan citra website meskipun dirancang secara sederhana. Jika Anda menginginkan website yang baik dimata pengunjung, maka gunakanlah gambar yang seperti menggunakan resolusi gambar yang baik dan menyediakan gambar yang sesuai kesan yang ingin Anda tampilkan.

7. Tidak membutuhkan pendapat dari orang lain

Hal ini jelas siapapun yang menutup diri dari pendapat orang lain sebelum memikirkan baik buruknya, maka sulit dapat berkembang dengan cepat. Agar design website Anda semakin baik, Anda perlu menanyakan kekurangan design Anda, mulai mendengarkan dan menghargai mereka yang sudah memberikan masukan positif buat Anda.

8. Merasa tidak butuh terlalu detil dalam design web

Ketika Anda mengawali design website, pasti Anda melakukan draft, kemudian menuangkan ide Anda misalnya pada photoshop untuk melihat hasil akhir seperti apa. Dalam tahap ini, banyak orang yang merasa ingin cepat-cepat menyelesaikannya sehingga tidak terlalu detil dalam design webnya yang m enyebabkan realisasi ide menjadi kurang baik.

Pada Intinya web design adalah sesuatu yang seharusnya menjadi aspek penting yang perlu didalami selain itu juga sebagai pendongkrak sehingga website Anda mempunyai “daya jual”. Dan hal lain yang perlu diketahui adalah web design membutuhkan waktu, kesabaran dan keahlian.

*Sumber: http://www.wakeuplater.com/website-building/8-web-design-mistakes-that-developers-make.aspx