Mengapa Harus Bangga Sebagai Blogger?

Mengapa Harus Bangga sebagai Blogger? Judul artikel ini tentu menarik. Terutama bagi kamu yang baru menekuni dunia blogging.


 
blogger



Disadur dari blogodolar.com, inilah 10 alasan utama yang membuat kamu bangga disebut blogger:

1. Mampu Menulis

Banyak orang yang tidak suka menulis. Mereka lebih senang membaca atau menonton. Sebagai blogger, kamu  berbeda dari mereka. Kamu mampu menulis karena salah satu syarat menjadi blogger adalah senang menulis. 

Tulisanmu memang tidak atau belum sebaik sastrawan dan wartawan, namun tetap saja unggul dari mereka yang hanya mampu membaca dan menonton.

2. Melek Perkembangan Teknologi 

Sekarang ini kita hidup di era informasi, di mana teknologi informasi berkembang secara cepat. Sebagai blogger, kamu tentu melek perkembangan teknologi itu. Sebagai contoh, membuat tutorial dalam format video dan mengunggahnya ke Youtube. 

Kamu menggunakan Twitter untuk berkicau dengan pengikut atau kamu menggunakan Facebook untuk mempromosikan blog. Semua teknologi itu harus membuatmu bangga karena, sekali lagi, tidak semua orang mampu menggunakannya.

3. Menjadi Seorang Peneliti

Sebagai blogger, kamu tidak hanya sekadar menulis namun harus juga melakukan riset online. Ini bisa berupa mencari kata-kata kunci yang sekiranya banyak dicari pengunjung dan menghasilkan profit bagimu. 

Selain itu, juga kerap mencari informasi-informasi penting untuk masalah yang melanda blog. Pada tahap ini, kamu telah menerapkan prinsip penelitian yang biasa dilakukan para ilmuwan. Ya, kamu seorang peneliti tanpa gelar doktor atau profesor!

4. Menerapkan Ilmu Psikologis

Kamu tentu tahu bahwa mencari pelanggan RSS itu sulit. Kamu juga paham bahwa membuat pengunjung betah dan kembali lagi ke blog itu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Di sinilah kamu menerapkan ilmu psikologis yaitu dengan mempelajari perilaku pengunjung via statistik blog (tulisan terpopuler, bounce rate, waktu tinggal, dan sebagainya). 

Dari statistik tersebut, kamu mengidentifikasi kebutuhan pengunjung dan menyajikannya sebagai tutorial atau informasi bermanfaat. Sekali lagi, apa yang kamu lakukan tersebut tidak mudah dan tidak semua orang mau melakukannya.

5. Punya Penggemar

Tahu Justin Bibier? Kamu juga pasti melihat bagaimana fans remaja fenomenal ini rela mengantri dan berdesak-desakkan untuk menonton sang idola. Sebagai blogger, kamu juga punya fans yaitu pelanggan RSS atau newsletter. 

Terlepas dari banyak atau sedikitnya pelangganmu, mereka setia menanti tulisanmu. Mereka ingin tahu tips apa yang akan kamu informasikan.

6. Paham Ilmu Marketing

Disadari atau tidak, sebagai blogger kamu tahu ilmu pemasaran (marketing). Hal ini dicerminkan dari caramu membuat judul tulisan yang menarik minat baca pengunjung, mempromosikan diri melalui postingan tamu, memberikan komentar berkualitas saat blog walking, membuat sales letter, SEO, dan sebagainya. 

Pengetahuan marketingmu tersebut mungkin tidak sehebat Tung Desem Waringin, namun kamu tetap layak mendapat bintang karena banyak orang yang tidak familiar marketing.

7. Memiliki Jaringan Luas

Dengan siapa kamu telah menjalin kerja sama di kehidupan nyata? Berapa banyak kolegamu tersebut? Dengan menjadi blogger, kamu memperluas jaringan ini tanpa batas. Kamu bisa bekerja sama dengan blogger bule, blogger pemula, atau pun blogger senior.

8. Dikenal Secara Luas

Kamu kenal Raditya Dika? Ya, dia adalah salah seorang selebriti blogger Indonesia saat ini yang memiliki ratusan ribu pengikut Twitter. Dia juga menjadi pemeran di sebuah acara TV swasta. 

Dengan menjadi blogger, kamu bisa dikenal luas oleh masyarakat dan bahkan diwawancarai oleh radio, koran, dan TV seperti yang dialami Zizi Damanik dari tehsusu.com. Bandingkan bila kamu bukan seorang blogger, apakah akan dikenal masyarakat luas?

9. Belajar Disiplin

Apa jadinya bila blog kamu tidak di-update dan terbengkalai? Tentunya trafik dan penghasilan turun, bukan? Ini akan membuat kamu disiplin membuat postingan, membalas komentar, dan sebagainya. Kedisiplinan ini tentunya poin penting karena masih banyak orang yang tidak disiplin.

10. Bisa Kaya Raya

Kamu bisa kaya raya dari ngeblog. Tidak percaya? Silakan lihat para blogger yang menghasilkan uang milyaran rupiah tiap tahun. Fakta ini menunjukkan bahwa blogger juga bisa kaya seperti para pengusaha atau investor.

Kesepuluh alasan di atas adalah sebagian kecil alasan mengapa harus bangga sebagai Blogger, alasan lain bisa dijumpai dari aktivitas ngeblog kamu secara langsung, sehingga kamu benar-benar percaya diri mengatakan kepada orang-orang: Saya seorang Blogger! 

Posting Komentar

0 Komentar