Inbound dan Outbond Link untuk Pagerank

Dalam blogging, Pagerank dipahami sebagai algoritma yang digunakan untuk merangking web atau blog, berfungsi menentukan web atau blog yang populer.


 
Inbound dan Outbond Link untuk Page Rank



Sebuah web atau blog yang mempunyai Pagerank 5 akan diurutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 4, kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Sedangkan inbond link adalah link yang mengarah ke blog kita, baik dari halaman utama atau halaman postingan dari web atau blog lain yang mengarah ke halaman utama atau halaman post kita. Inbond link bertujuan untuk mendapatkan banyak backlink agar bisa mengoptimalkan blog di search engine. Sementara outbound link mempunyai pengertian sebaliknya.

Untuk mendapatkan pagerank blog yang lebih baik, kita mesti melakukan outbond link (memasang link) ke blog yang memiliki page rank lebih tinggi dari blog kita. Usahakan juga mengarah ke blog yang mempunyai tema tulisan (konten) yang sama dengan blog kita. Misalnya, jika blog kita memiliki pagerank 3 maka kita buat outbond link ke blog yang memiliki pagerank 4. Dan jika blog kita berisi tutorial blog maka kita pasang link ke blog lain yang membicarakan tentang tutorial blog juga.

Outbond link bisa juga dilakukan dengan cara disetiap postingan yang kita buat, kita pasang link yang mengarah ke halaman postingan kita yang lain yang terkait. Dengan membuat artikel atau halaman satu dengan dengan halaman lain yang terkait juga akan bisa membangun outbond link yang berkualitas.

Untuk mendapatkan page rank tinggi dengan inbound link, lakukan backlink dari blog lain lebih banyak ke blog kita. Artinya link yang mengarah ke halaman blog kita harus lebih banyak daripada link yang kita pasang ke blog lain. Cara memperbanyak inbound link bisa dengan bertukar link, berkomentar dan meninggalkan link dan sebagainya.

Pendekatan pagerank yang digunakan adalah sebuah halaman dianggap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut. Lakukan inbound link dengan berkomentar di blog-blog yang memilki pagerank lebih tinggi, karena backlink yang didapat semakin berkualitas.

Posting Komentar

0 Komentar