Mengenal Website atau Situsweb Internet

Website diartikan sebagai media online yang menampilkan informasi berupa text, gambar, video mapun suara (content) yang bersifat statis maupun dinamis, berupa laman yang terhubung satu sama lain dan dapat dikakses oleh beberapa orang.




Website juga disebut situsweb internet. Website terdiri dari struktur bahasa HTML dan bahasa pemrograman web lainnya yang mendukung pengembangan website. Suatu halaman website bisa terdiri dari text yang terhubung dengan element lainnya atau halaman lainnya.

Sebuah website adalah kumpulan dari halaman web (dokumen yang diakses melalui internet), seperti yang Anda lihat sekarang di informasi teknologi.

Sebuah halaman web adalah apa yang Anda lihat di layar saat Anda mengetik alamat web, klik pada link, atau membuat query di mesin pencari. Sebuah halaman web dapat berisi jenis informasi, dan dapat berisi teks, warna, grafis, animasi dan suara.

Bagian-bagian website: 

- Alamat domain atau url

Contohnya; https://blogspotisme.blogspot.com/, alamat ini tampil di addressbar webbrowser.

Setelah alamat url website terbuka, maka ada nama website, umunya berupa text atau logo website dan disertai dengan deskripsi website, sebagai tagline atau informasi utama website. Bisa berupa nama perusahaan, atau nama produk yang ditawarkan.

- Content atau isi

Text,gambar, video atau suara. atau gabungan dari semuanya, pada beberapa website terdapat gambar animasi produk atau grafik informasi mengenai produk yang diberikan.

- Sidebar

Informasi tambahan dari website yang terdiri dari pencarian, widget atau tools tambahan lainnya. selain dari itu beberapa website menampilakn produk populer mapun informasi perusahaan dihalaman sidebar.

- Footer

Element penutup website

Fungsi Website

- Media Informasi

website digunakan sebagai sarana memberikan informasi produk kepada pembaca. sebuah halaman web hendaknya memberikan informasi yang benar kepada pembaca, bisa berupa informasi produk, pemberitaan atau lainnya sesuai tujuan website dibuat. selain dari itu seharusnya menyiapkan halaman khusus untuk memberikan alamat, email yang jelas.

- Media Promosi

Fungsi website yang lebih spesifik digunakan sebagai media promosi sebuah produk barang atau jasa. untuk website seperti ini hendaknya memberikan informasi yang detail terhadap barang/jasa yang akan dipromosikan.

- Media Pembelajaran

Web jensi ini biasa disebut e-learning adalah layanan website yang dibuat untuk memudahkan pembaca dalam pembelajaran. website seperti ini bisa berupa forum tanya-jawab antar pembaca dengan pengelola website.

Media Komunikasi

Website seperti facebook, twitter dan sebagainya adalah web yang berfungsi sebagai media komunikasi antara pengguna. web ini bisa melakukan interkasi antara satu dengan yang lainnya.

Inilah beberapa contoh bagian-bagian website dan fungsi website, tulisan ini tidak mengikat hanya menggambarkan sebagian kecil pengertian website dan fungsinya. (*)