Ternyata Pembuat Bakso Pertama Kali Bernama Meng Bo

Siapa yang tak kenal dengan bakso? Mau bakso biasa, bakso tenis atau bakso apalah. Kita mengenal bakso dari orang-orang Jawa, rasanya yang gurih cocok dimakan dengan kuah. Apalagi dimakan saat udara dingin, ow begitu sedap.




Namun siapa sebenarnya yang pertama kali membuat bakso?

Dikutip dari The Epoch Times, pada abad ke 17, di Fuzhou, China, hiduplah seorang pria bernama Meng Bo. Pria yang hidup di zaman Dinasti Ming ini sangat mencintai ibunya.

Dengan usianya yang sudah lanjut, ibu Meng Bo sudah tidak bisa lagi makan daging. Giginya tak kuat mengunyah daging, sementara daging adalah makanan favorit sang ibu, karena tak mampu mengunyah lagi, ibu pun tak lagi berselera makan.

Meng Bo sedih melihat ibunya yang tak bisa makan daging lagi. setiap hari dia terus berpikir bagaimana caranya agar ibunya bisa makan daging lagi.

Pada suatu hari Meng Bo tak sengaja melihat tetangganya sedang menumbuk beras untuk dijadikan mochi. Hal ini memberinya ide. Di rumah, Meng Bo langsung menumbuk daging hingga lunak. Dia kemudian membentuknya jadi bulat dan merebusnya dalam kuah sup.

Sang ibu merasa senang dengan makanan ciptaan putranya. Tak cuma mudah dimakan, rasanya pun sangat lezat. Cerita soal makanan dan rasa cinta Meng Bo menyebar ke seantero Fuzhou. Orang-orang berbondong-bondong belajar membuatnya.

Para warga keturunan Tionghoa diduga membawa bakso ke Indonesia. Terjadilah proses asimilasi dengan budaya Indonesia. Karena mayoritas warga Indonesia beragama Islam, maka daging babi yang biasa digunakan berubah menjadi daging sapi.

Walau namanya masih menggunakan nama bakso atau sup daging babi. Hingga saat ini Bakso menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia. (*)