Mengenal Meta Tag dalam SEO Blog

Tidak mudah bagi sebuah blog atau website untuk mendapatkan posisi halaman pertama pada mesin pencari. Dengan mendaftarkan blog/web di search engine pun belum tentu menjamin traffic pengunjung yang tinggi. Tentu hal yang bisa dilakukan adalah mengoptimalkan blog/web itu.


meta tag



Lalu apa yang bisa dilakukan untuk itu? Salah satu cara terbaik adalah dengan mengoptimasi Meta Tag.

Ada banyak metode dalam penggunaan Meta Tag sesuai dengan standar HTML 4.0 dari World Wide Web Consortion, namun sebenarnya yang lebih sering digunakan atau lebih tepatnya betul-betul digunakan oleh search engine hanya ada empat hal; yaitu title, description, keyword, dan robots.

Title dan Meta Tag adalah Tag HTML khusus yang dimasukkan ke dalam halaman blog/web dan sering tidak langsung terlihat oleh pengunjung. Tujuan utama Title dan Meta Tags adalah untuk membantu sebuah mesin pencari, katalog dan mengkategorikan halaman blog/web.

Title Tag merupakan sebuah Judul dari halaman blog/web dan setiap halaman harus memiliki Judul. Pikirkan judul ini layaknya sebuah buku. Apakah bisa menemukan sebuah buku yang tidak memiliki Judul?

Batas karakter Title Tag usahakan tak lebih dari 60 karakter. Hal ini karena beberapa mesin pencari hanya akan menampilkan maksimal 60 karakter dari teks untuk Judul dalam hasil pencarian mereka. Menjaga Title Tag di bawah 60 karakter membantu "mengasuransikan" bahwa Judul halaman blog/web masuk akal dalam hasil pencarian.

Meta Tag dibagi menjadi beberapa beberapa type seperti:
  • Meta tag description/Meta tag deskripsi
  • Meta tag keyword/Meta tag kata kunci
  • Meta tag robot txt/Meta tag robot txt

Dari tiga unsur itu tidak dapat dipisahkan karena hal terpenting yang terkandung untuk mengolah data dalam suatu blog/web pada mesin pencari terutama Google.

Meta tag terdiri dari satu set elemen Meta yang menggambarkan isi dari halaman blog/web. Meta tag berbagi informasi mengenai sebuah halaman web dengan browser dan  crawler mesin pencari. Ini sangat penting untuk optimasi mesin pencari karena merupakan cara terbaik untuk mendidik  search engines tentang topik dan isi dari halaman blog/web tertentu.

Informasi yang terkandung dalam tag Meta tidak terlihat oleh pengunjung manusia saat melihat halaman blog/web melainkan informasi itu terbaca oleh web browser dan bot mesin pencari. Tag ini dimasukkan di daerah <head> dokumen HTML.

Meta Tag memberikan informasi mengenai data Meta terkandung dalam dokumen HTML. Ini terdiri dari berbagai unsur dan atribut yang dapat digunakan untuk menjelaskan secara rinci tentang isi dari suatu halaman blog/web tertentu. Meta Tag merupakan faktor penting dalam peringkat halaman blog/web di mesin pencari.

Oleh karena itu, menjadi penting bagi webmaster untuk memberikan informasi yang akurat dalam tag Meta mengenai dokumen HTML sehingga menjadi lebih mudah bagi crawler mesin pencari untuk mengurai data dan mengumpulkan informasi penting tentang halaman blog/web.

Contoh Meta Tag:

Meta tag ditemukan antara <head> dan </ head> daerah dari sebuah dokumen HTML.Sebuah contoh yang baik dari sebuah tag HTML Meta diberikan di bawah ini:

<head><meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=iso-8859-1" /><title>Blogspotisme</ title><meta Name="description" content="berbagi tips dan trik blogspot"/><Meta name = "keywords" content = "tips, trik, blog, blogspot,,,,dll"/></ head>

Note: Pada Meta tag description/Meta tag deskripsi berwana biru seperti itu format meta description/deskirpsi yang menceritakan isi dari suatu website dan meta tag keword adalah kata kunci sebuah website/blog sesuai dengan isi website tersebut seperti contih yang berwarna merah.

Di sini, berbagai elemen tag Meta akan ditampilkan. Dua yang paling penting adalah deskripsi dan kata kunci. Meta tag ini berbagi informasi tentang konten pada halaman tertentu.