Langkah Sederhana Dapat Uang dari Blog

uang dari blog

ADA beragam cara mendapatkan uang dari internet, namun beragam cara itu telah kami rangkum menjadi langkah sederhana dapat uang dari blog. Inilah langkah-langkah itu:

Paid review
Paid review kadang disebut juga pay per post atau sponsored reviews, cara ini dapat dilakukan lewat broker atau tanpa broker. Ada banyak broker program ini, namun empat broker ini hasilnya sudah dibuktikan sejumlah pemilik atau pengelola blog, yakni; sponsoredreviews.com, blogsvertise.com atau linkworth.com.

Kelebihan menggunakan broker adalah ada banyak pengiklan dan tidak perlu mencarinya. Namun, kelemahannya adalah penghasilan akan dipotong oleh broker tersebut (sekitar 30-50%). Besarnya uang per review berbeda-beda setiap broker. Sponsored Reviews misalnya memberlakukan sistem bid sehingga membernya bisa melakukan penawaran sesuai rangking blog. Kisaran penawaran yang umum adalah $5 - $200.

Sementara Blogverstise menggunakan sistem non-bidding, umumnya mereka memberikan job seharga $5 - $10. Sedangkan LinkWorth memberikan job seharga $5 - $50. Tips untuk menghasilkan banyak uang dari program paid review ini dalah memiliki page rank minimal 2, memilki Alexa rank di bawah 500 ribu, memiliki konten dalam bahasa Inggris, serta memiliki topik kesehatan, traveling, rumah, finansial, dan otomotif.

Pay per click (PPC)
PPC adalah program yang akan membayar membernya bila ada iklan dalam blog yang diklik pengunjung. Empat program PPC manca negara yang populer diantaranya; google.com/adsense, kontera.com, infolinks.com atau chitika.com. Sementara untuk PPC lokal yang banyak terdapat di blog-blog berbahasa Indonesia, diantaranya; kliksaya.com atau kumpulblogger.com.

Cost per mile (CPM)
Program CPM membayar membernya berdasarkan seribu impresi. Sebagai contoh, sebuah blog yang menghasilkan 100.000 page views per bulan menampilkan iklan dengan CPM $1, maka blog tersebut akan mendapatkan $100 per bulan (100.000/1.000 x $1). Bila memiliki blog berbahasa Inggris dengan jutaan page views per bulan, program CPM ini bisa dicoba; tribalfusion.com, rightmedia.com, burstmedia.com atau casalemedia.com.

Text link ads
Text link ads adalah iklan link yang muncul di tulisan atau sidebar. Harga iklannya bervariasi, bergantung kepada brokernya. Menurut informasi, harganya berkisar antara $4 - $8 per bulan, broker text link ads populer diantaranya; text-link-ads.com atau linkworth.com.

Paid download
Paid download adalah program yang akan membayar jika file yang disimpan di situs penyimpanan gratis ini didownload orang lain. Uang yang akan didapatkan bervariasi, umumnya $0.001 per download. Dengan kata lain, akan dapat $1 bila file didownload seribu orang, misalnya; payloadz.com.

Paid survei
Paid survei adalah program yang akan membayar jika melakukan survei. Biasanya setiap survei yang dilakukan diberikan imbalan dalam bentuk poin yang dapat ditukar dengan uang, salah satu paid survei lokal populer adalah; ipanelonline.com.

Afiliasi
Pembayaran program afiliasi berdasarkan komisi dari produk atau jasa orang lain yang dipromosikan. Ada banyak jejaring afiliasi yang layak dicoba, diantaranya; clickbank.com dan commissionjunction.com. Ada juga afilisasi lokal yang menawarkan ebook, diantaranya; latihansoal.com untuk ebook soal-soal CPNS atau carajawab.com untuk ebook soal-soal TOEFL. ada juga program afiliasi bernama Cloap.  

Iklan mandiri
Iklan mandiri adalah menyediakan slot iklan (berupa banner) di blog sendiri tanpa perantara. Ukuran banner bervariasi, mulai dari 125px × 125px sampai 728 px × 90 px. Biaya penayangan iklan beragam, bergantung jumlah pengunjung.

Nah, itulah langkah sederhana dapat uang dari blog, jika serius mengikutinya, otomatis uang akan mengalir di rekening kamu.