Cuap-cuap Seputar Copas

Dunia blogging tanah air kembali diramaikan dengan perbincangan seputar aktifitas copy-paste atau copas. Perbincangan ini berawal dari artikel "Cara Ampuh Melaporkan Situs Copy Paste ke Google http://www.rumahkiat.com/cara-ampuh-melaporkan-situs-copy-paste-ke-google".



Cuap-cuap Seputar Copas



Artikel ini menyatakan bahwa orang yang suka copas artikel milik orang lain “wajib” dilaporkan ke Google, artikel ini pun menyita perhatian banyak blogger.

Lalu pemilik blog Share with Irfan yang jadi gregetan karena mengetahui aktivitas tukang copas di blognya meningkat. Keprihatinannya itu dituangkan lewat tulisan; "Trik Mengetahui Aksi Tukang Copas di Blog Anda http://rayhanzhampiet.blogspot.com/2011/10/trik-mengetahui-aksi-tukang-copas.html". Pemilik blog ini juga geram dengan aksi copas ini kerena artikelnya yang sedang bersaing dalam kontes SEO sering dicopas.

Mencuatnya kembali wacana copas di kalangan blogger ini akhirnya mendapat tanggapan lewat pengakuan yang menggelitik "Iskaruji Dot Com adalah Blog Copas http://www.iskaruji.com/2011/10/iskaruji-dot-com-adalah-blog-copas.html".

Menarik membaca artikel Iskaruji itu sebab kembali membuka wawasan blogger tentang aksi copas. Di situ disebutkan kalau pengertian copas dikalangan blogger akhir-akhir ini sudah amat sangat melenceng dan terkesan dibesar-besarkan.

Jika dulu ribut copas karena repost link sumber, sekarang masih ribut karena hasil copasannya yang menyertakan link sumber dan bisa bersaing di SERP. Melihat pengertian ini, maka Iskaruji Dot Com sesungguhnya telah melakukan itu. Yaitu mengambil artikel orang lain, menyertakan sumber dan mempublishnya kembali.

Iskaruji Dot Com memang blog copas, karena kontennya selalu digenerate dari semua informasi yang saya dapatkan dari dunia maya. Bahasa ngetrendnya adalah saya meng-copas ide, tulisan, layout, image dan semuanya untuk tulisan atau postingan di blog Iskaruji Dot Com.

Tulisan ini untuk menunjukkan betapa bangganya saya dengan blog Iskaruji Dot Com ini walaupun blog copas. Selain itu, tulisan ini juga sebagai protes atas siapa saja yang membenci kebanggaan orang lain. Walaupun yang dibanggakan itu adalah blog copas.

Lebih lanjut bung Iskaruji mengatakan, tulisan ini amat sangat menunjukkan bahwa saya tidak suka mempermasalahkan orang yang mau meng-copas semua tulisan di blog copas Iskaruji Dot Com. Ijin atau tidak ijin, pake link sumber atau tidak, menjual kembali artikel yang ada di blog Iskaruji Dot Com ini [kalo ada] itu adalah hak sobat sekalian yang mencerminkan kepribadian masing-masing.

Soal etika, bung Iskaruji berpendapat, beretika atau tidak juga adalah pilihan sobat yang sama sekali bukan urusan saya. Urusan saya adalah bagaimana caranya agar terus update dan eksis artikel copasnya. Karena memang dari awal sudah saya tulis, blog Iskaruji Dot Com adalah blog sharing, yang kalau diartikan kedalam bahasa Indonesia berarti blog berbagi.

Saat sobat membaca tulisan ini, maka sobat berhak atas apa yang sedang sobat baca karena memang sudah saya bagi dengan ikhlas. Atas dasar alasan inilah blog Iskaruji Dot Com ini bisa diakses oleh siapa saja dan bisa dibaca siapa saya asal memang bisa membaca.

Terakhir bung Iskaruji memberi penegasan, kalau tulisannya itu sebagai bentuk dukungan penuh kepada siapa saja tukang copas seperti copas yang dilakukan oleh blog Iskaruji Dot Com. Dan jika ada sebagian sahabat blogger yang mencontoh blog copas Iskaruji Dot Com lalu mendapat tekanan, tentangan ataupun makian, maka tinggal kasih link post Iskaruji Dot Com adalah blog copas sebagai provokator dan pendukung penuh atas yang sobat lakukan.

Dan kami pun sepakat dengan paparan di atas. Kalau kamu menyukai artikel ini, silahkan dicopas. Jangan ragu-ragu apalagi malu-malu, sebab malu bertanya sesat di jalan.


Posting Komentar

1 Komentar

  1. Namanya artikel klo sudah dipublish bukan milik kita lagi, klo gak mau dicopas sekalian bikin privat saja dijamin gak ada yang copas ^-^ saya sangat tertarik dengan akhir postingan sebab malu bertanya sesat di jalan seikit tambahan supaya lengkap Besar kemaluan Susah Berjalan :D

    BalasHapus