Membuat Blog Cepat Terindeks Google

Membuat blog cepat terindeks Google atau search engine adalah keinginan sebagian besar blogger. Bahkan ada blogger yang menjadi malas ngeblog karena blognya tidak terindeks search engine, walau pencarian di Google menggunakan URL-nya sebagai keyword. 



Membuat Blog Cepat Terindeks Google



Patut dipahami, hampir 50 persen pengunjung blog berasal dari search engine. Untuk itu, blog harus dioptimalkan agar menghasilkan lebih banyak traffic. Blog harus senantiasa terindeks search engine serta mendapat posisi terbaik. Berikut sejumlah tips agar blog cepat terindex oleh search engine Google:

1. Daftarkan Sitemap Blog
Selain blog mendaftakan (submit) blog di Google, jangan lupa daftarkan juga sitemap-nya. Sitemap adalah peta situs yang digunakan sebagai sumber informasi bagi search engine. Bukan sitemap yang berupa daftar isi. Blogger/blogspot telah menambahkan Sitemap XML. Fungsi dari sitemap adalah untuk memberikan informasi kepada search engine tentang seluruh halaman dan konten yang ada dalam sebuah blog.

2. Gunakan Sosial Media atau Sosial Bookmark
Salah satu cara supaya halaman-halaman blog cepat terindeks adalah dengan memanfaatkan sosial media. Jangan ragu-ragu untuk membagikan (share) artikel ke sosial media seperti twitter, facebook, google+ dan sebagainya.

Bisa juga kita submit post terbaru ke sosial bookmark, kalau yang lokal semisal lintas.me. Manfaatnya membagi halaman baru blog ke sosial media atau sosial bookmark selain membuat blog terbaca oleh search engine juga bisa mendatangkan traffic.

3. Bangun Link Berkualitas
Cara membangun link yang berkualitas dilakukan dengan link yang mengarah ke blog kita berasal dari blog yang berpagerank lebih tinggi dan link yang mengarah ke blog kita lebih banyak dari pada link yang kita arahkan ke luar. Supaya blog segera terindeks search engine Google kita harus membangun link yang mengarah ke halaman post bukan hanya link yang mengarah ke homepage atau halaman utama blog.

Ini akan lebih baik, jika link itu berasal dari blog atau web yang linknya dofollow dan relevan dengan halaman post. Membangun link atau backlink bisa diperoleh dengan rajin berkomentar dan meninggalkan link pada blog lain.

4. Bangun Internal Link
Seorang blogger biasanya memiliki tulisan yang sejenis, kita bisa memberikan link post yang dibuat ke halaman post yang sejenis atau ada hubungannya. Inilah yang dimaksud link internal, yaitu link yang mengarah ke halaman post lain yang masih ada di blog kita.

Bukan hanya tentang membangun external backlink yaitu link web atau blog lain yang mengarah ke blog kita. Tetapi juga sangat penting membangun link dalam blog kita (internal linking) yang akan mengingatkan search engine tentang kehadiran konten baru pada blog kita.

5. Update Blog Secara Teratur
Melakukan update blog secara rutin tentu menbuat Google mudah mengindeks blog. Loginya, bagaimana blog bisa terindeks jika tidak ada halaman atau post baru? Jika konten blog tidak ada perubahan dari minggu ke minggu atau bulan ke bulan, search engine tidak akan mengunjungi dan membaca (crawl) blog.

Dalam mengupdate blog sesuaikan dengan kemampuan, minimal seminggu sekali. Blog juga harus diupdate dengan konten yang orisinil. Dengan begitu spider search engine akan rutin membaca blog kita.

Inilah 5 tips utama membuat blog cepat terindeks Google search engine yang kami kutip dari kurniasepta.blogspot.com. Happy blogging!!

Posting Komentar

1 Komentar