Fungsi Unik dan Tersembunyi dari Flashdisk

Alat penyimpanan mobile bernama Flashdisk tentu saja sudah sangat Anda kenal. Perangkat ini biasa digunakan untuk menyimpan atau memindahkan data dari komputer ke komputer lain.


 
flashdisk



Namun, tak banyak orang yang mengetahui bahwa flashdisk ternyata memiliki fungsi tersembunyi.

Nah berikut empat fungsi tersembunyi yang bisa dilakukan Flashdisk dengan komputer windows yang kami salin dari kaskus.co.id:

Meningkatkan Kecepatan Komputer

Flashdisk bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja kmputer yang lambat. Dengan bantuan sebuah aplikasi yang bernama readyboost. Jika kinerja hard disk lebih lambat dari flah disk, readyboost akan membaca cache file yang sering dibuka dari Flashdisk, sehingga bisa meningkatkan kecepatan komputer.

Mengunci dan Membuka Komputer

Flashdisk dapat digunakan untuk mengunci dan membuka perangkat komputer. Seperti dalam film fiksi, Anda cukup mecolokkan flashdisk untuk membuka dan ketika flashdisk dicabut maka seketika komputer PC akan otomatis terkunci (locked).

Untuk menggunakan fungsi ini, Anda harus memasang aplikasi bernama Predator. Fitur tersembunyi Flashdisk ini akan berfungsi layaknya Lock Function manual windows, hanya saja jika menggunakan Flashdisk Anda tak perlu repot-repot memasukkan kata kunci.

Menghubungkan ke Jaringan Wi-Fi

Flashdisk ternyata bisa digunakan untuk menghubungkan (connect) komputer ke jaringan Wi-Fi secara cepat sesegera mungkin tanpa harus memasukkan kata kunci (password) berulangkali. Ini dimungkinkan karena windows mempunyai fitur yang bisa menyimpan nama jaringan Wi-Fi yang telah digunakan.

Data tersebut bisa kita simpan di Flashdisk dengan cara klik ikon wireless klik kanan Wi-Fi yang baru saja digunakan, lalu properties. Perhatikan Tab Connection, klik link Copy this network profile to a USB Flash drive klik Next, maka seketika windows akan menyalin konfigurasi dan pengaturan profile tersebut ke Flashdisk. 

Untuk menggunakan di komputer lain, colokkan Flashdisk dan double klik file setup SNK.exe maka profil jaringan akan segera terinstal dan komputer sudah siap untuk dikoneksikan.

Menginstall Webserver Portable

Memiliki web server yang bisa dibawa ke mana-mana tentu saja mengasyikan, hal itulah bisa dilakukan dengan Flashdisk. Flashdisk dapat digunakan untuk web server portable dengan menginstall server2go pada Flashdisk.

Sehingga Anda bisa menjalankan web server dengan cepat di komputer manapun tanpa harus melakukan instalasi lagi. Bagi seorang web developer, tentu saja hal ini sangat membantu sebab bisa melakukan presentasi di mana saja dengan web server di kantong.

Posting Komentar

0 Komentar