Beberapa Pertanyaan Seputar Alexa Rank

Alexa Internet, yaitu situs pengembang Alexa Rank, merupakan sebuah perusahaan layanan internet milik Amazon.com yang didirikan pada 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliant.


Alexa konon berasal dari nama Alexandria. Nama "Alexa" rupanya dipilih sebagai penghormatan kepada perpustakaan Alexandria.

Secara umum, Alexa Rank merupakan sebuah peringkat yang dibuat oleh Alexa.com, berdasarkan kunjungan visitor pada sebuah situs. Namun, pengertian ini kian berubah seiring berjalannya waktu. Ada sedikit tambahan: untuk mengukurnya, si pemilik situs diharuskan sudah memasang Alexa toolbar pada browser mereka.

Banyak pendapat mengatakan, Alexa Rank rupanya tidak akurat untuk mengukur traffic, berikut potensi dari sebuah situs. Meski begitu, tak bisa diingkari, sistem Alexa Rank masih banyak digunakan oleh para pengelola situs serta pihak pengiklan saat mengukur nilai iklan berikut potensi bisnis pada situs.

Dengan kata lain, sebesar apapun anggapan bahwa sistem Alexa Rank itu “konyol”, harus dipahami bahwa hingga kini Alexa Rank masih menjadi salah satu elemen sentral dari strategi bisnis online. Sebab di mata para pengiklan, Alexa Rank dianggap sangat penting.

Data Alexa Rank akan terus berubah setiap 24 jam, entah itu meningkat atau justru menurun. Peringkat yang menurun terjadi apabila jumlah traffic meningkat atau konstan. Sementara itu, peringkat yang meningkat akan terjadi jika jumlah traffic berkurang.

Beberapa Pertanyaan Seputar Alexa Rank

1. Mengapa Alexa Rank situs saya berstatus “No Data”?

Harus diakui, ini berarti blog Anda: kurang populer. Bisa pula terjadi: karena umur blog yang masih baru, sehingga belum memiliki traffic pengunjung. Pada umumnya, Alexa Rank akan muncul secara otomatis dalam waktu sekitar satu minggu hingga satu bulan setelah situs dibuat.

Bagaimana cara memunculkan Alexa Rank, sehingga tidak lagi berstatus “No Data”?
Tunggulah. Namun, untuk mempercepat munculnya Alexa Rank, Anda bisa mencoba untuk melakukan verifikasi kepemilikan blog ke pihak Alexa.com.

2. Mengapa Alexa Rank situs saya besar sekali?

Hal ini umum terjadi. Pasalnya, saat sebuah situs mendaftar pertama kali ke Alexa, lalu memasang widget Alexa—Anda akan menjumpai nilai yang masih sangat besar; bahkan bisa mencapai jutaan! Namun jangan khawatir. Sebab, seiring berjalannya waktu dan aktivitas dalam situs, nilai tersebut akan berangsur turun.

3. Mengapa sudah bertraffic tinggi, tetapi nilai Alexa Rank tidak juga meningkat?

Alexa cenderung menghitung traffic pada suatu situs dari browser yang sudah terinstal Alexa toolbar. Dengan kata lain, traffic dari browser tanpa Alexa toolbar tidak masuk dalam hitungan. (*)