Opie Kumis: Mereka Kurang Cerdas Dalam Melawak

*Tanggapan Kasus Joshua & Ge Pamungkas

Komedian senior, Opie Kumis menanggapi video komika Ge Pamungkas dan selebriti Joshua Suherman saat sedang melakukan stand up comedy.


Sebagaimana diketahui, materi komedi Ge Pamungkas dan Joshua Suherman dianggap melecehkan agama Islam.

Opie mengatakan, sebagai komedian harus belajar agama agar melawak tidak mengandung SARA. Tentu, agar tidak mengundang hal-hal yang tak diinginkan.

"Sebagai komedian harus cerdas, belajar agama agar mengerti batas-batas yang harus kita lontarkan dalam lucuan. Kan, banyak teknik dalam melucu. Kalau menurut gue sih, emang orangnya yang kurang pinterlah, kurang cerdas," ujar Opie seperti dikutip dari viva.co.id, Senin (8/1/2018) lalu.

Dia melanjutkan, jika kedua selebriti itu tidak meminta maaf secara umum, dengan atau tanpa mengundang ulama, kariernya akan kandas di tengah jalan.

"Kalau terbukti, dia harus minta maaf dan kalau dia bertahan dengan kesombongannya, kariernya sudah selesai. Harusnya, dia datanglah ke salah seorang ulama yang bijak, kan banyak. Jelasin saja, apa yang sudah diperbuat. Ketemu dan bicarakan, kalau telah melawak dan ingin meminta maaf atas lawakan dia. Minta dampingi untuk mohon maaf kepada umat Islam. Gue rasa itu salah satu jalan keluar," pungkasnya. (*)