Cara Mengetahui Situs Scam atau Bukan

Uang gratis dari internet saat ini lagi digemari. Apalagi banyak orang telah berhasil meraihnya, dari mulai recehan hingga ratusan dolar.



scam



Untuk mendapatkan dolar gratis tersebut, kita hanya perlu mendaftar dan mengikuti mekanisme kerja yang ditawarkan suatu situs penyedia dolar gratis. Mudah kan?

Nah, karena mudah dan 100% gratis, banyak situs penyedia dolar yang scam (menipu atau tidak membayar anggotanya). Lalu bagaimana cara mengetahui suatu situs penyedia dolar itu scam atau bukan?

Cara-cara di bawah ini wajib diketahui bila ingin memburu dolar gratis dari internet. Cara ini didapatkan dari Haryo Prabowo, seorang pemburu dolar gratis yang sukses dengan pendapatan lebih dari 10 juta per bulan. Apa saja caranya?

Perhatikan tawaran suatu situs
Apakah tawarannya masuk akal? Apakah tidak berlebihan? Jika tawarannya masuk akal, bisa ada kemungkinan berhasil. Tapi jika tawarannya terlalu bagus, kemungkinan besar ada yang tidak beres.

Contohnya, sebagian program Paid To Click menawarkan jumlah bayaran yang besar (lebih dari 1 dolar per klik). Sangat tidak logis bila sebuah klik dapat dihargai sekian besarnya. Sebab yang normal adalah 1-2 sen setiap klik. Anda jangan sampai terkecoh dengan penawaran seperti ini. Ini biasanya adalah penipuan, scam. Hindari dan jangan sampai termakan rayuan mereka.

Bagaimana sistem kerja situs tersebut
Bagaimana sistem kerja dari bisnis yang ditawarkan kepada Anda? Apakah menjual barang? Apakah menjual jasa? Atau member get member?
Jika menjual barang / jasa, itu jelas masih logis. Tapi harap diingat, ini jika tidak menganut sistem MLM. Sedangkan jika menganut sistem MLM, berhati-hatilah, karena biasanya posisi Anda ada di tempat yang merugikan.

MLM pada dasarnya hanya menguntungkan sedikit orang yang berada di puncak-puncak kepemimpinan. Dan mereka biasanya adalah para pendiri perusahaan MLM dan bukan anggotanya. Jika member get member, ini lebih parah lagi. Anda hanya bisa mendapat uang dengan mengajak orang lain menjadi member di program bisnis tersebut.

Biasanya sistem yang seperti ini tidak menjual apa pun, kecuali keanggotaan semata. Anda tidak akan mendapat keuntungan sama sekali. Jadi, sebaiknya jauhilah sistem yang seperti ini. Tidak ada untungnya untuk Anda. Bahkan merugikan. Apalagi jika Anda mengajak orang lain untuk bergabung dengan bisnis yang Anda ikuti tersebut. Anda secara tidak langsung juga menjerumuskan orang lain ke lubang yang sama. Jadi, hidarilah.

Sudah berapa lama situs itu
Biasanya untuk melihat apakah suatu bisnis dari suatu situs itu benar-benar nyata bisa dilihat dari umur bisnis tersebut. Secara umum (bukan pasti) sebuah bisnis yang baik akan bertahan bertahun-tahun dan tidak akan punah. Karenanya Anda bisa memperhitungkan umur dari suatu bisnis untuk menilai kualitas bisnis tersebut.

Untuk bisnis online, bagaimana cara mengukurnya?
Jawabannya Anda bisa melihat dari data WHOIS domain bisnis bersangkutan.
Apa itu WHOIS? WHOIS adalah sebuah fitur untuk mengetahui kapan sebuah domain situs bisnis dibeli, siapa yang memiliki, siapa yang mendaftar, hosting di mana, dan sebagainya. Setiap domain pasti memiliki data WHOIS, jadi Anda bisa mengecek untuk memastikannya.

Bagaimana cara mengecek WHOIS record dari sebuah domain? Jawabannya, silakan Anda cek dengan memakai layanan WHOIS checker yang banyak tersedia di internet, antara lain:
  • www.who.is
  • www.whois.net
  • www.whois.sc
  • www.easywhois.com
  • www.betterwhois.com
  • www.allwhois.com
  • www.whois-search.com
  • www.iwebtool.com/whois
  • www.networksolutions.com/whois
  • www.internic.net/whois.html
  • whois.domaintools.com

Secara umum bisa dikatakan jika sebuah bisnis itu bagus, pasti akan disebut-sebut oleh banyak orang. Internet memudahkan untuk menelitinya. Silahkan memanfaatkan internet untuk mengetahui tingkat popularitas sebuah situs web. Caranya? Manfaatkan search engine! Misalnya ingin melihat melihat sejak kapan website clixsense.com (salah satu situs PTC) berdiri. Maka cukup kunjungi http://whois.domaintools.com/clixsense.com, maka akan terlihat data; Creation date: 29 Dec 2006 14:53:35. Berarti website ini cukup lama bertahan, karenanya sedikit banyak bisa disimpulkan bahwa ini adalah sebuah bisnis yang cukup dapat diandalkan.

Berapa banyak situs itu disebut di internet
Selain mengetahui berapa lama umur suatu situs bisnis, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menilai sebuah bisnis online. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan melihat seberapa banyak bisnis itu disebut-sebut di internet. Caranya cukup datang ke search engine (Google atau Yahoo!), lalu ketikkan nama situs bisnis tersebut dan perhatikan berapa banyak halaman di internet yang menyebut-nyebut tentang situs bisnis itu. Logikanya semakin banyak semakin terkenal (walau bukan berarti semakin baik).

Tapi apakah terkenalnya sebuah situs bisa dijadikan salah satu parameter tentang bagus tidaknya suatu bisnis? Bisa, tapi masih kurang. Harus diperhatikan lagi apakah situs tersebut terkenal karena kualitasnya atau karena buruknya? Cara yang termudah adalah dengan meneliti link-link yang muncul di halaman Google tersebut. Jika banyak yang mengatakan bahwa suatu situs bagus, maka bisa dikatakan bahwa memang bagus. Tapi jika sebaliknya, maka sebaliknya yang terjadi.

Tambahkan kata SCAM pada nama situs di mesin pencari
Cara mudah untuk mengetahui sebuah situs bisnis baik atau buruk juga dapat dilakukan dengan menambahkan kata kunci SCAM (penipuan) dalam query keyword search engine. Lalu perhatikan link-link yang dimaksud, ikuti dan baca link yang disertakan. Bila banyak sekali laporan bahwa suatu situs scam, memang scam, sebaiknya tidak bergabung di bisnis itu.

Nah, itulah cara mengetahui situs scam atau bukan, karena itu lakukan cara-cara di atas terlebih dahulu sebelum memutuskan bergabung dengan sebuah situs atau website bisnis. Bila tidak, sama saja dengan menyia-nyiakan waktu di bisnis yang tidak jelas.(*)