Cara Agar Komputer Terhindar dari Virus

Sebagai pengguna komputer, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah agar komputer kita terhindar dari infeksi virus, antara lain:


virus komputer



Menginstal Antivirus

Menginstal antivirus merupakan hal wajib yang harus dilakukan. Dengan demikian komputer mempunyai perlindungan dari ancaman virus. Namun perlu diketahui bahwa menginstal antivirus belum menjamin komputer akan bebas dari ancaman virus.

Saat ini banyak antivirus yang beredar di pasaran yang cukup handal, antara lain: Antivir, McAfee VirusScan, Norton AntiVirus, dan lainnya.

Update Database Antivirus Secara Teratur

Ratusan virus baru dapat muncul setiap bulan. Virus baru tersebut dilengkapi dengan kemampuan untuk menghindar dari pantauan antivirus. Karena itu meng-update database dari program antivirus harus dilakukan.

Update database tersebut diperlukan agar antivirus mampu mengenali virus-virus yang baru muncul. Database terbaru antivirus dapat didownload di website perusahaan pembuat antivirus.

Berhati-hati Menjalankan File Baru

Kebanyakan virus menyebar melalui file-file yang diikutkan bersama email (attachment file) dan file-file yang didownload di internet. Bila mendapat email yang mempunyai file attachment, harus hati-hati sebelum menjalankan file tersebut.

Sekalipun file tersebut berasal dari orang yang dikenal. Bisa saja file tersebut dikirim oleh virus kepada karena komputer dari orang dikenal tersebut sudah dijangkiti virus. Sebaiknya lalukan scan terlebih dahulu sebelum file tersebut dijalankan atau jika ragu lebih baik dihapus saja.

Mewaspadai Kerusakan Sejak Awal

Bila komputer mulai menunjukkan hal-hal aneh, misalnya harddisk tiba-tiba penuh, kecepatan menurun drastis, munculnya masalah pada program dan sebagainya, ini mungkin gejala bahwa komputer telah diinfeksi virus. Bila ini terjadi harus waspada sejak awal sebelum kerusakan lebih parah terjadi.

Membuat Backup Data Secara Teratur

Bila komputer berisi data-data dan file-file yang penting, perlu membuat backup untuk file-file dan data-data tesebut secara berkala dan teratur. Dengan demikian, bila komputer terserang virus, resiko kehilangan data-data dan file-file penting bisa dihindari.

Fenomena penggunaan internet dapat menjadi dua mata pisau yang sama tajamnya bagi si pengguna. Satu sisi bernilai kebaikan, kemudahan, sebaliknya banyak yang menjadi korban atas penggunaan IT baik oleh ulah sendiri maupun karena orang lain.